Senin 21 November 2022, 23:02 WIB

BAZNAS Kerahkan Tim Bantu Evakuasi Korban Gempa di Cianjur

Mediaindonesia.com | Humaniora
BAZNAS Kerahkan Tim Bantu Evakuasi Korban Gempa di Cianjur

Dok. Baznas
Tim tanggap bencana Baznas ikut membantu proses evakuasi korban gempa Cinajur

 

BADAN Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), bergerak cepat untuk membantu evakuasi warga korban terdampak gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11). 

Hingga Senin Sore, gempa bumi yang bermagnitudo 5,6 SR menyebabkan lebih dari 46 orang meninggal dunia, 700-an orang warga alami luka-luka cukup berat, serta menyebabkan kerusakan infrastruktur di beberapa daerah terdampak. 

"Dengan menurunkan 12 personel tim respon yang terdiri atas Tim BAZNAS Tanggap Bencana Pusat, BTB Jabar dan BAZNAS Cianjur, pada Senin sore tim telah tiba di lokasi bencana, Kaupaten Cianjur, dan langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait," ujar Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan, dalam keterangan tertulis, di Jakarta. 

Setelah dilakukan koordinasi, lanjut Saidah, tim menuju ke lapangan untuk membantu proses evakuasi. Tim akan mengupayakan bantuan evakuasi lebih dulu untuk daerah yang paling parah terdampak bencana. 

"Tim BTB juga melakukan asesmen terkait kebutuhan mendesak yang diperlukan warga, serta membuka layanan kebutuhan darurat bagi para korban terdampak gempa," jelas Saidah. 

Baca juga : BMKG: Intensitas Hujan Lebat Pascagempa Bisa Akibatkan Longsor dan Banjir Bandang

Menurut Saidah, BAZNAS selalu siap siaga, untuk memberikan respon cepat melayani masyarakat yang tengah terdampak bencana.

"Mustahik selalu menjadi pihak yang paling menderita ketika bencana melanda, tak terkecuali musibah gempa yang melanda saudara kita di Kab. Cianjur. BAZNAS siap menjadi garda terdepan untuk membantu masyarakat bangkit dari bencana," kata Saidah. 

Untuk itu, kata Saidah, BAZNAS akan terus berupaya mendampingi para korban terdampak agar bisa bersama bangkit dan hidup normal seperti sediakala. "Inilah saatnya kebersamaan dan gotong royong diperlukan untuk membantu sesama," pungkasnya.

Berdasarkan pengamatan tim BTB, gempa tersebut menyebabkan kerusakan bangunan di wilayah Kab. Cianjur meliputi 343 unit rumah rusak, 1 unit pondok pesantren RB, 1 unit RSUD Cianjur RS, 4 unit gedung Pemerintah rusak, 3 unit Fasilitas pendidikan rusak, 1 unit sarana ibadah rusak, 1 unit toko rusak, 1 unit cafe rusak dan kondisi Jalan Provinsi di sekitar tapal Kuda tertutup material longsor. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA/ ILUSTRASI/Aribowo Sucipto

Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Guguran

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:50 WIB
Berdasarkan pantauan CCTV Semeru, fenomena APG terus berlangsung hingga pagi ini pukul 07.42 WIB dengan jarak luncur bervariasi antara 5...
ANTARA / JAFKHAIRI

Dianggap Melanggar UU, KLHK Larang Peneliti Asal Inggris Lakukan Penelitian di RI

👤 Atalya Puspa 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:10 WIB
KLHK sangat mendukung kegiatan penelitian berbasis sains, namun akan bersikap tegas terhadap para peneliti asing yang tidak taat...
MI/ERIEZ M RIAL

Unisba Berada di Peringkat Atas Universitas Terbaik di Kota Bandung

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 22:50 WIB
EduRank menempatkan Unisba sebagai universitas peringkat 4 terbaik di Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya