Minggu 13 November 2022, 21:25 WIB

Wisudawan Terbaik Poltekpar Ingin Wirausaha dan Majukan Pariwisata

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Wisudawan Terbaik Poltekpar Ingin Wirausaha dan Majukan Pariwisata

Ist
Wisudawan terbaik Poltekpar Prima Internasional Akbar Syaefullah tampil di podium mewakili para wisudawan di Cirebon, Jabar, Kamis (11/10).

 

POLITEKNIK Pariwisata (Poltekpar) Prima Internasional terus berupaya meningkatkan mutu dan menjaga kualitas yang menjadi komitmen pimpinan dan jajaran kampus di kota udang Cirebon, Jawa Barat, ini.

Tak mengherankan jika para mahasiswa dan lulusannya kini telah diterima bekerja di dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Bahkan, sebagian telah magang serta meraih pendidikan di luar negeri melalui program IISMA Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jerman dan Hongaria.

Pada wisuda perdana di Hotel Prima Kota Cirebon, Kamis (10/11), Poltekpar Prima Internasional mewisuda sebanyak 89 orang dari Program Studi (Prodi) Perhotelan.

"Kami bangga dan bersyukur dari 89 wisudawan 49 orang telah mendapat pekerjaan. Yakni 5 orang bekerja di luar negeri dan 5 orang sebagai entrepreneur atau wirausaha," kata Direktur Poltekpar Prima Internasional Chondro Suryono pada wisuda tersebut.

Dalam kesempatan itu diumumkan tiga wisudawan terbaik yang meraih nilai tertinggi dengan IPK 3,96. Mereka ialah Akbar Syaefullah, Hanifah Khoirunnisa, dan Pipit Fatikha. Mereka bertekad menjadi wirausahawan atau entrepreneur serta memajukan pariwisata di Tanah Air.

Hanifah merasa sangat bangga lulus menjadi wisudawan kampusnya. "Saya akan mulai bekerja di salah satu perusahaan bakery, dan akan membuka wirausaha sendiri. Saya juga sudah ada panggilan di bagian bakery, di salah satu satu kafe di Bandung," ungkapnya.

Menurut Hanifah yang aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) kampus, pariwisata Indonesia sangat berpotensi dan belum banyak dikembangkan. Menurut dia, dengan berkuliah di Poltekpar Prima Internasional ini, membuka peluang bagi jiwa-jiwa muda untuk mengembangkan potensi yang dimiliki Indonesia di bidang pariwisata.


Baca juga: Wisuda Perdana, Politeknik Pariwisata Prima Internasional Fokus pada Kualitas


Akbar Syaefullah yang tampil di podium mewakili para wisudawan mengaku bersyukur menjadi lulusan kampus Poltekpar Prima Internasional. "Kita bangga yang hadir di sini semua sebagai wisudawan dan wisudawati dan seyogianya kita tidak melupakan almamater di perguruan tinggi ini," kata Akbar yang bercita-cita menjadi pengusaha bidang kuliner.

Senada, Pipit Fatikha juga ingin menjadi enterpreneur. Ia mengaku sebelum diwisuda telah diterima bekerja di salah satu hotel di Yogyakarta. Ia berniat dapat melanjutkan lagi kuliah pariwisata di luar negeri guna menambah kompetensi yang dapat disumbangkan memajukan pariwisata di Tanah Air.

"Sembari bekerja dan menunggu kesempatan kuliah di luar negeri. Saya akan berupaya memajukan pariwisata daerah saya di Jamblang, Cirebon," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Sultan Cirebon Pangeran Sultan Abdul Gani Natadiningrat yang juga anggota Senat Poltekpar Prima Internasional mengapresiasi para wisudawan terbaik yang berkomitmen memajukan pariwisata di Cirebon dan Tanah Air.

"Secara pribadi kami apresiasi tekad wisudawan dan wisudawati apalagi  Keraton Kacirebonan juga identik dengan pariwisata," kata Sultan Abdul Gani.

Dikatakan, pihaknya mendukung kegiatan pendidikan Poltekpar Prima Internasional. "Harapannya para mahasiswa dan wisudawan ini bisa menghadapi tantangan, meniti karier dengan baik, terutama di bidang pariwisata dan bidang yang memberi manfaat dan berkontribusi bagi pembangunan di daerah dan pembangunan nasional," tukas Sultan Abdul Gani.

Sementara itu, perwakilan orangtua mahasiswa atau wisudawan, Rizki, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh dosen dan sivitas akademika Poltekpar Prima Internasional yang telah mendidik dan membimbing anak-anak mereka menempuh kuliah dengan baik hingga lulus dan banyak yang telah diterima bekerja di dunia usaha dan industri. (RO/OL-16)

Baca Juga

ANTARA/ ILUSTRASI/Aribowo Sucipto

Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Guguran

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:50 WIB
Berdasarkan pantauan CCTV Semeru, fenomena APG terus berlangsung hingga pagi ini pukul 07.42 WIB dengan jarak luncur bervariasi antara 5...
ANTARA / JAFKHAIRI

Dianggap Melanggar UU, KLHK Larang Peneliti Asal Inggris Lakukan Penelitian di RI

👤 Atalya Puspa 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:10 WIB
KLHK sangat mendukung kegiatan penelitian berbasis sains, namun akan bersikap tegas terhadap para peneliti asing yang tidak taat...
MI/ERIEZ M RIAL

Unisba Berada di Peringkat Atas Universitas Terbaik di Kota Bandung

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 22:50 WIB
EduRank menempatkan Unisba sebagai universitas peringkat 4 terbaik di Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya