Minggu 13 November 2022, 19:47 WIB

Wisuda Perdana, Politeknik Pariwisata Prima Internasional Fokus pada Kualitas

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Wisuda Perdana, Politeknik Pariwisata Prima Internasional Fokus pada Kualitas

Ist
Direktur Politeknik Pariwisata Prima Internasional Chondro Suryono saat wisuda perdana di Hotel Prima Cirebon, Jawa Barat, Kamis (10/11).

 

SEJAK berdiri tiga tahun lalu, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Prima Internasional kini terus berkembang maju kepakan sayap. Upaya meningkatkan mutu dan menjaga kualitas menjadi komitmen pimpinan dan jajaran kampus yang berlokasi di kota udang Cirebon, Jawa Barat, ini.

Tak mengherankan bila para mahasiswa dan lulusannya kini telah diterima bekerja di dunia usaha dan dunia industri. Bahkan, sebagian telah magang di luar negeri serta meraih pendidikan di luar negeri melalui program IISMA Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ke Jerman dan Hongaria.

"Jadi, kami mememfokuskan pada kualitas menjadi nomor satu, kualitas itu harus ditunjang dengan fasfilitas yang lengkap. Nah, sekarang dengan mengutamakan kualitas, kita bisa bekerja sama dengan kalangan dunia usaha dan dunia industri yang kuat," kata Direktur Politeknik Pariwisata Prima Internasional Chondro Suryono melalui keterangan tertulis, Sabtu (12/11).

Chondro mencontohkan, saat ini 80 mahasiswa program D3 dan D4 yang melakukan magang di Taiwan selama 6 bulan. "Ini membuktikan mahasiswa kami mampu beradaptasi dengan baik melalui pembinaan dan pelatihan intensif di Cirebon ini," ungkap Chondro.

Dijelaskan, program magang tersebut pada bidang perhotelan, ritel, dan resor. Magang ini telah berjalan sejak enam bulan lalu, dan kini akan memberangkatkan para mahasiswa Poltekpar Prima pada Desember mendatang.

Dengan begitu, lanjut Chondro, kampus Poltekpar Prima Internasional menjalankan program pemerintah melalui Kemendikbudristek yang terkenal dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka  (MBKM).

"Jadi MBKM dari kami dapat berjalan cukup baik yakni pertama program magang, kedua kita kerja sama berjalan, dengan sejumlah kampus di  Palembang, Malang, seperti program penelitian dan lain-lain," papar Chondro yang pernah menjabat sebagai pimpinan kampus di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti Jakarta.

Dia menambahkan, mahasiswa Poltekpar Prima Internasional juga mendapat kepercayaan mengikuti program dari IISMA ke Jerman dan Hongaria.


Baca juga: Terapkan Pendidikan Vokasi, SMKN 4 Bogor Dilirik Industri Besar


Adapun mahasiswa yang mengikuti Program IISMA tersebut berasal dari jurusan Diploma 4 Pengelolaan Perhotelan, yakni Ratu Azimah Putri Kencana Ayu ke Hongaria dan Indra Antonio ke Jerman.

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) digelar tiap tahun. IISMA merupakan program beasiswa yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar negeri.

Menurut Chondro, pada Wisuda Perdana Poltekpar Prima Internasional yang berlangsung Kamis (10/11) bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan di Hotel Prima Cirebon, pihaknya meluluskan 89 wisudawan dari Program Studi (Prodi) Perhotelan.

"Kami bangga dan bersyukur dari 89 wisudawan 49 orang telah mendapat pekerjaan. Yakni 5 orang bekerja di luar negeri dan 5 orang sebagai entrepreneur atau wirausaha," katanya.

Dikatakan, pihaknya juga telah menyelesaikan seluruh pengisian Laporan Kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan secara legalitas setiap prodi yang akan melakukan wisuda telah melalukan akreditasi dan didukung akreditasi institusi sebagai bentuk legalitas dalam menggelar wisuda perdana tersebut.

Dalam sambutan wisuda perdana itu, Chondro menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan. "Teruslah berkarya dan berprestasi harumkan nama almamater, keluarga, dan bangsa sebagai amal ibadah kepada Allah SWT. Kami yakin Anda semua akan menjadi bagian dan solusi dari berbagai permasalahan di tengah masyarakat," pungkas Chondro.

Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis pada sambutan yang dibacakan mengapresiasi prosesi wisuda Poltekpar Prima Internasional saat ini semakin membuktikan kiprahnya sangat besar bagi masyarakat, dan Pemerintah Kota Cirebon.

Dikatakan, Yayasan Prima Ardian Tana melalui Politekpar Prima Internasional telah membantu pemerintah dalam menegakkan pelayanan pendidikan.

"Saya menyampaikan kebahagiaan yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada pengurus Yayasan Prima Ardian Tana dan seluruh sivitas akademika atas kontribusinya bagi penyelenggaraan pendidikan tinggi di Kota Cirebon ini," kata Wali Kota seraya berpesan pada wisudawan terus meningkatkan ilmu pengetahuan dan dapat bekerja dengan terus meningkatkan kualitas diri.

Dalam kesempatan wisuda perdana Poltekpar Prima Internasional yang dipimpin Ketua Senat Riyanto Wibowo turut hadir Ketua Pengurus Yayasan Prima Ardiantara, Tedja Maria Hasan, Sultan Cirebon Pangeran Abdul Gani Natadiningrat, Perwakilan Pemkot Cirebon, Kepala LL Dikti Wilayah IV Syamsuri, Kepala Disdikbud Kota Cirebon, Kepala Disdibud Kuningan, Direktur STIE Indonesia Malang Amelia Setyawati, Direktur Akpar NHI Bandung Bambang K, Perwakilan Politeknik Pariwisata Lombok, serta para orangtua wisudawan. (RO/OL-6)

Baca Juga

Ist

Tingkatkan Layanan Kanker, Siloam Hospitals dan SingHealth Jalin Kerja Sama

👤Eni Kartinah 🕔Selasa 29 November 2022, 11:43 WIB
Siloam Hospitals dan SingHealth menjalin kerja sama strategis yang bertujuan untuk memajukan perawatan kanker, penelitian klinis, dan...
Dok Plan International Indonesia

Plan Indonesia Beri Dukungan Psikososial untuk Anak Korban Gempa Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 10:25 WIB
Tim Tanggap Darurat Yayasan Plan International Indonesia memberikan dukungan psikososial (psychosocial support) bagi anak-anak terdampak...
doyanblog.com

Catat, Ini Rumus Luas Trapesium

👤Meilani Teniwut 🕔Selasa 29 November 2022, 10:19 WIB
Trapesium adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat buah rusuk yang dua di antaranya saling sejajar namun tidak sama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya