Jumat 28 Oktober 2022, 08:30 WIB

Sering Cedera Lutut Saat Berolahraga? Jaga Berat Badan Anda

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Sering Cedera Lutut Saat Berolahraga? Jaga Berat Badan Anda

nhrp.org
Ilustrasi

 

DOKTER Bedah Tulang Andi Nusawarta mengatakan menjaga berat badan dapat membantu mengurangi risiko cedera lutut saat sedang berolahraga.

"Tips untuk mencegah cedera lutut salah satunya adalah dengan menjaga berat badan dan keseimbangan. Untuk itu, perlu juga untuk kita melatih otot supaya kuat, memberikan impact (pada ketahanan tubuh) yang dibantu oleh otot," kata Andi dalam temu media di Jakarta, dikutip Jumat (28/10).

Lebih lanjut, pria yang terhimpun dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia tersebut mengatakan upaya pencegahan cedera lutut maupun bagian tubuh lainnya adalah dengan melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah berolahraga.

Baca juga: Cedera Lutut tidak Membaik Usai Istirahat? Segera ke Dokter

Menurut Andi, kedua hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan otot sebelum dan sesudah olahraga, sehingga tubuh lebih mudah beradaptasi dengan intensitas aktivitas fisik yang dilakukan.

"Siapkan dengan pemanasan dan nanti tubuh akan siap beradaptasi dengan olahraga yang dipilih. Tidak perlu dilakukan dengan terburu-buru, pelan-pelan saja. Pun dengan olahraga, yang penting adalah istiqomah (konsisten), rutin," ujar dia.

"Dengan dilakukan rutin, tubuh akan terbiasa dan akan terasa ringan, bahkan bisa membuat tidur kita menjadi enak. Perlu diingat, yang penting (olahraga) dilakukan rutin, bukan soal berat atau bebannya," imbuhnya.

Selain itu, kiat lain yang perlu dilakukan untuk mencegah cedera lutut adalah dengan memperkuat otot inti tubuh, membangun program latihan secara bertahap, memakai pelindung lutut ketika melakukan beberapa olahraga, dan menjaga serta melatih keseimbangan tubuh.

Adapun cedera lutut dapat menyerang siapa saja. Namun, mereka yang berusia di atas 40 tahun merupakan salah satu yang rentan mengalami cedera lutut ringan hingga berat.

"Usia 40 tahun itu adalah masa dimana semua proses penuaan terjadi di seluruh bagian tubuh," kata dia.

Terdapat beberapa hal yang perlu diwaspadai dan diberikan pertolongan lebih lanjut. Pertama, adalah ketika Anda memiliki keluhan saat sedang berolahraga.

"Istirahat, lalu (keluhan) hilang, itu berarti kita healing. Namun, kalau ketika olahraga itu kita ada nyeri, hilang, dan muncul lagi, itu adalah warning kalau ada sesuatu yang tidak sembuh," kata dia.

"Jika sudah seperti itu, jangan tunggu lama. Itu (cedera) biasanya di-grade sedang. Semua gejala yang ada dan tidak hilang, atau timbul tenggelam di lutut, harus diperiksakan dan diwaspadai. Apalagi kalau sakitnya terus menerus," tambahnya.

Lebih lanjut, Andi mengatakan tidak semua cedera harus ditangani melalui operasi. Jika cederanya tergolong ringan seperti terkilir, biasanya akan sembuh sendiri.

"Namun, kalau sedang, itu sudah cukup complicated, tapi bisa segera sembuh. Lebih baik bertemu dokter di sport center, jangan dibiarkan agar cederanya tidak menjadi berat, dan kita malah menabung cedera di kemudian hari," pungkas Andi. (Ant/OL-1)

Baca Juga

dok.ist

Ganjar : Pemanfaatan Medsos Penting Bagi Pemimpin Masa Kini

👤Haryanto 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:56 WIB
PEMANFAATAN medsos sangat penting untuk menjangkau lebih banyak masyarakat. Menurut Ganjar, medsos merupakan ruang komunikasi yang efektif...
Ist

Menteri BUMN Beri Motivasi Generasi Muda pada BEM UI Trilogy

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:34 WIB
Acara seminar, diskusi, dan pameran booth BUMN ini berlangsung selama dua hari pada 28–29 November 2022 dengan dihadiri langsung oleh...
ANTARA

Tradisi Natal di Indonesia

👤Meilani Teniwut 🕔Senin 05 Desember 2022, 19:31 WIB
Tradisi yang dirayakan di salah satu daerah di Jakarta ini, memang menjadi tradisi yang selalu dilakukan setiap tahunnya oleh warga Kampung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya