Senin 03 Oktober 2022, 22:26 WIB

Aliran Listrik Putus Saat Cuaca Ekstrem, Ini Kata PLN

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Aliran Listrik Putus Saat Cuaca Ekstrem, Ini Kata PLN

Antara
Sejumlah petugas berusaha memperbaiki tower listrik yang rubuh akibat bencana angin kencang.

 

PT PLN (Persero) berupaya memastikan keselamatan pelanggan di tengah musim penghujan. Dalam kondisi tertentu, PLN terpaksa memutus aliran listrik demi menjaga keselamatan pelanggan.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto menjelaskan bahwa pemutusan aliran listrik saat musim penghujan disebabkan oleh sejumlah faktor. 

Pertama, gardu listrik terendam air. Dengan intensitas hujan yang tinggi, bisa saja menimbulkan banjir. Tidak jarang, gardu listrik juga ikut terendam air. Pada kondisi tersebut, aliran listrik mesti diputus sementara. 

Baca juga: PLN Batalkan Program Kompor Listrik

Langkah itu dilakukan demi mencegah sengatan listrik yang membahayakan pelanggan. Serta, mencegah potensi gangguan kelistrikan yang lebih besar.

"Saat banjir misalnya, PLN terpaksa melakukan pemutusan aliran listrik sementara. Untuk meminimalisir potensi yang dapat membahayakan pelanggan," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (3/10).

Baca juga: Karakteristik Musim Hujan 2022 di Atas Normal, BMKG: Masyarakat Waspada

Faktor kedua, hal lain yang bisa menyebabkan aliran listrik terputus ialah pohon tumbang. Ketiga, curah hujan dengan intensitas tinggi juga berisiko terhadap tanah longsor. Sehingga, berpotensi merubuhkan jaringan dan memutus suplai listrik.

Lalu keempat, saat musim penghujan disertai petir, juga dapat menyebabkan gangguan distribusi listrik. Sambaran petir pada trafo distribusi maupun jaringan PLN kerap kali menjadi salah satu penyebab gangguan listrik.

Bagi masyarakat yang melihat potensi gangguan aliran listrik, bisa menyampaikan lewat aplikasi PLN Mobile. "Lewat PLN Mobile, kami terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," imbuh Gregorius.(OL-11)

Baca Juga

Ist

KAMPAK Dukung Upaya Hukum Mahasiswa Apoteker Cari Keadilan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 21:19 WIB
KFN menyalahi tugasnya dengan membentuk Panitia Nasional Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (PN UKAI) sebagai lembaga yang menentukan...
DOK.MI

Angka Kasus Harian Covid-19 Bertambah Jadi 2.548 Orang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 21:00 WIB
Dengan adanya penambahan kasus harian itu maka total kasus terkonfirmasi positif sejak Maret 2020 berjumlah 6.680.203...
ANTARA

Meski Masih Level 1 Transmisi Komunitas, Vaksinasi Tetap Harus Digalakkan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:57 WIB
Tren perawatan rumah sakit di ruang isolasi per tanggal 1 Desember 2022 terdapat penurunan sebanyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya