Selasa 27 September 2022, 09:45 WIB

Dokter Tegaskan Kontrasepsi Hormonal Sebabkan Rahim Kering Hanya Mitos

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Dokter Tegaskan Kontrasepsi Hormonal Sebabkan Rahim Kering Hanya Mitos

Marieclaire
Ilustrasi

 

OBAT kontrasepsi hormonal yang diyakini sebagian masyarakat bisa menyebabkan rahim kering hanyalah mitos. Hal itu ditegaskan Sekretaris Jenderal Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia - Jakarta Raya, Ulul Albab.

Ulul menegaskan tidak ada kaitan antara kontrasepsi hormonal dan rahim menjadi kering, bahkan ada beberapa jenis kontrasepsi hormonal yang justru memberikan proteksi terhadap dinding rahim.

"Kemudian fungsi kontrasepsi hormonal cara kerjanya salah satunya mengentalkan serviks sehingga membuat sperma tidak bisa naik ke atas bertemu telur. Jadi tidak ada kaitannya dengan kenikmatan atau sensasi saat berhubungan seksual," terang Ulul berkaitan dengan Hari Kontrasepsi Sedunia, Senin (26/9).

Baca juga: Mitos dan Persepsi Pengaruhi Penggunaan Alat Kontrasepsi

Mitos lainnya terkait kontrasepsi, menurut Ulul, antara lain penggunaan IUD yang dapat membuat rasa kurang nyaman suami saat berhubungan seksual. Ini salah satunya terkait benang yang sampai ke vagina saat pemasangan IUD.

Ulul menuturkan, ada aturan khusus dalam pemasangan IUD. Panjang dan pendeknya benang yang tertinggal dalam rahim dapat berpengaruh pada kenyamanan suami.

"Makanya dengan pemasangan yang tepat, benang yang tidak terlalu panjang, jenis IUD yang dipilih cukup bagus, maka itu semua (masalah) bisa dihindarkan," tutur dia.

Sementara mengenai penggunaan kondom yang dinilai sebagian pria memengaruhi kenikmatan berhubungan intim, Ulul tidak menampiknya. Tapi, menurutnya, masalah itu terletak pada bahan kondom yang mungkin mempengaruhi sensasi saat pria dan pasangannya melakukan hubungan intim.

"Sarannya, pilih kondom yang tepat. Perlu diingat, ada beberapa bahan-bahan kondom, bukan hanya lateks tetapi ada beberapa jenis yang lain," katanya.

Selain bahan, perhatikan juga tebal dan tipisnya kondom dan cara pemasangannya karena kedua hal ini juga berpengaruh pada kenikmatan saat berhubungan.

Ulul menambahkan, pada prinsipnya, kontrasepsi itu aman dan nyaman digunakan sehingga pasangan suami istri tak perlu khawatir saat berhubungan intim.

"Justru dengan kontrasepsi harusnya tidak ada rasa khawatir untuk terjadi kehamilan sehingga berhubungan seksual jadi lebih maksimal dan lebih intim," pungkas dia. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Ist

KAMPAK Dukung Upaya Hukum Mahasiswa Apoteker Cari Keadilan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 21:19 WIB
KFN menyalahi tugasnya dengan membentuk Panitia Nasional Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (PN UKAI) sebagai lembaga yang menentukan...
DOK.MI

Angka Kasus Harian Covid-19 Bertambah Jadi 2.548 Orang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 21:00 WIB
Dengan adanya penambahan kasus harian itu maka total kasus terkonfirmasi positif sejak Maret 2020 berjumlah 6.680.203...
ANTARA

Meski Masih Level 1 Transmisi Komunitas, Vaksinasi Tetap Harus Digalakkan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:57 WIB
Tren perawatan rumah sakit di ruang isolasi per tanggal 1 Desember 2022 terdapat penurunan sebanyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya