Rabu 31 Agustus 2022, 23:40 WIB

Pengamat: Pemerintah Masih Abai pada Keselamatan Lalu Lintas

Ficky Ramadhan | Humaniora
Pengamat: Pemerintah Masih Abai pada Keselamatan Lalu Lintas

Antara
Petugas memindahkan truk kontainer yang mengalami kecelakaan di Bekasi, Jawa Barat.

 

PENGAMAT transportasi Djoko Setijowarno menanggapi kecelakaan maut truk yang terjadi di Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (31/8) ini, yang menewaskan 10 orang.

Menurutnya, kecelakaan tersebut merupakan bukti nyata negara yang masih abai terhadap keselamatan lalu lintas. "Negara masih abai terhadap keselamatan lalu lintas. Dalam hal ini, Presiden harus turun tangan, karena setiap jam itu ada 3 orang yang meninggal akibat kecelakaan," ujar Djoko saat dihubungi, Rabu (31/8).

Baca juga: Polisi Amankan Sopir Truk Penyebab Kecelakaan Maut di Bekasi

Lebih lanjut, dirinya menekankan agar pemerintah dapat mengambil langkah serius. Dalam hal ini, untuk mengatasi kecelakaan lalu lintas, serta menekan angka kematian akibat kecelakaan.

"Pemerintah harus menangani hal ini, seperti halnya pemerintah menangani pandemi covid-19, karena ini sama-sama urusannya nyawa dan harus segera ditangani," imbuhnya.

Baca juga: Polisi Masih Usut Insiden Kecelakaan Truk Maut di Bekasi

Selain itu, Djoko juga mengungkapkan penyebab dari kecelakaan yang marak terjadi di Indonesia, terutama kecelakaan truk. "Kalau bicara tentang penyebab, pasti banyak. Seperti, supir kelelahan karena jam kerja yang tidak jelas. Banyak juga kendaraan truk yang belum di KIR, tetapi masih bisa jalan," jelas Djoko.

Pihaknya menduga kecelakaan truk yang terjadi di wilayah Bekasi, disebabkan muatan yang terlalu banyak dan rem tidak berfungsi optimal. "Kalau dari keterangan polisi, ditemukan bekas pengereman. Artinya, rem berfungsi. Namun, kemungkinan karena muatan berat dan kecepatan tinggi pada jalan menurun, rem tidak berfungsi optimal," tutupnya.(OL-11)

 

Baca Juga

Dok Yakult

Yakult Hadir Dengan Varian Rendah Gula

👤Gana Buana 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 15:28 WIB
Yakult Light adalah minuman susu fermentasi dengan kandungan bakteri baik L. casei Shirota strain dengan gula yang lebih sedikit tetapi...
Ist

Coach Rheo: Fenomena Pemicu Suami Tega Cekik dan Banting Istri

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 15:03 WIB
Mind Technology Expert Coach Rheo mengatakan timbunan beban emosi tersebut  menciptakan reaksi reaktif yang diproses oleh bagian dari...
Dok.DietGo Kitchen

Lima Makanan Diet Terbaik bagi Penderita Diabetes

👤Mutiara Dwi Rejeki 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 14:59 WIB
Penting juga untuk mengonsumsi makanan yang membantu mencegah komplikasi diabetes seperti penyakit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya