Jumat 19 Agustus 2022, 17:34 WIB

APP Sinar Mas Perkenalkan Industri Pulp dan Kertas Berkelanjutan

Widhoroso | Humaniora
APP Sinar Mas Perkenalkan Industri Pulp dan Kertas Berkelanjutan

DOK APP Sinar Mas
Ilustrasi

 

DALAM upaya mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas memperkenalkan industri pulp dan kertas yang berkelanjutan. Pengenalan ini dilakukan melalui Program Kolaborasi Kepemimpinan kepada 44 mahasiswa peserta magang dari berbagai Universitas.

"Kami mendukung program yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek ini, selain para mahasiswa mendapat pengalaman kerja secara langsung di lapangan, juga dapat mendalami industri pulp dan kertas yang berkelanjutan," ungkap Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata dalam keterangan yang diterima, Jumat (19/8).

Suhendra menambahkan, industri pulp dan kertas merupakan salah satu industri strategis nasional. Berdasarkan data Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) 2020 dan 2021, saat ini Indonesia berada di peringkat 1 ASEAN, peringkat 3 untuk pulp dan peringkat 4 untuk kertas di tingkat Asia, serta peringkat 8 untuk pulp dan peringkat 6 untuk kertas ditingkat dunia dengan kontribusi 3,84 persen untuk GDP non migas.

Program magang yang berlangsung dari 18 Agustus 2022 hingga 23 Desember 2022 ini diharapkan dapat memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensi para peserta program khususnya di bidang pulp dan kertas.

"Kami berharap mahasiswa yang telah menyelesaikan program magangnya di APP Sinar Mas, dapat memiliki wawasan dan konsep yang luas bagaimana penerapan Industri yang berkelanjutan atau green industry," terang Suhendra.

Salah satu peserta magang dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), jurusan Teknis Sistem dan Industri, Fitri A Simanjuntak mengaku sangat antusias mengikuti fase pertama kegiatan magang ini. "Dengan mengikuti kegiatan ini, saya berharap mendapat pengalaman bekerja secara profesional, dan mendapatkan culture positif perusahaan, selain bisa mengimplementasikan teori-teori yang diajarkan di kampus kedalam dunia kerja," ungkapnya.

Dalam program magang Kampus Merdeka ini, APP Sinar Mas akan menempatkan 44 mahasiswa di 13 posisi dengan total 17 project selama program. 44 mahasiswa tersebut merupakan yang terpilih dari 8.000 lebih pendaftar yang masuk dari 500 lebih universitas.

"Para peserta magang akan terlibat langsung di dalam project, dan mereka akan mendapat pembinaan langsung dari para expert di bidang masing- masing, ungkap Norman Firmansyah," Head HR Academy APP Sinar Mas.

Norman menambahkan, melalui program Kampus Merdeka, para peserta memiliki kesempatan yang sama untuk dapat terpilih ke dalam beberapa program APP Sinar Mas, seperti Graduate Trainee Program, Management Trainee Program, maupun posisi lain yang tersedia. (RO/OL-15)

Baca Juga

Antara

Hari Ini, 15 Ribu Orang Terima Vaksinasi Kedua

👤MGN 🕔Minggu 25 September 2022, 22:57 WIB
Total 171.077.825 orang telah menerima vaksin lengkap per Minggu...
Antara

63,17 Juta Orang Sudah Divaksinasi Booster

👤Ant 🕔Minggu 25 September 2022, 22:26 WIB
Jumlah warga yang sudah mendapat vaksinasi dosis penguat bertambah 44.853 orang menjadi 63.178.098...
ANTARA/Makna Zaezar

Pengamat Nilai Upaya Mendorong Inklusivitas Sudah Mulai Masif

👤Naufal Zuhdi 🕔Minggu 25 September 2022, 21:40 WIB
Muatan kurikulum memang belum banyak menjelaskan tentang inklusifitas, khususnya terkait penyandang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya