Selasa 02 Agustus 2022, 19:28 WIB

Bencana Hidrometeorologi Ancam Sejumlah Kabupaten di Jateng

Lilik Darmawan | Humaniora
Bencana Hidrometeorologi Ancam Sejumlah Kabupaten di Jateng

Medcom
Ilustrasi

 

SEJUMLAH kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) terancam bencana  hidrometeorologi. Ancaman tersebu dipicu kemungkinan terjadinya hujan  deras yang disertai dengan angin dan petir dalam beberapa hari ke depan.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno dalam keterangan  tertulisnya menyatakan sejumlah kabupaten yang terancam bencana hidrometeorologi. "Untuk Rabu (3/7), ada 15 kecamatan yang terancam bencana. Sebab, ada potensi hujan deras yang disertai dengan angin dan petir," jelas Sutikno, Selasa (2/7).

Ke-15 kabupaten yang terancam cuaca esktrem adalah Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Rembang, Jepara, Demak, Temanggung dan Kabupaten Semarang. Selain itu, Kendal, Batang, Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Kabupaten Tegal serta Brebes.

Menurutnya, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

"Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia," jelasnya.

Berdasarkan kondisi tersebut, lanjutnya, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang.

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," jelas dia. (OL-15)

 

Baca Juga

Medcom.id/Ahmad Garuda

Mau Buat SIM C, Ini Syarat dan Biayanya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:54 WIB
Apabila anda ingin segera mengendarai kendaraan, terutama sepeda motor, ketahui apa saja syarat dan berapa biaya pembuatan SIM...
Medcom.id

Wujudkan Sistem Teknologi yang Permudah Kehidupan di IKN

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:46 WIB
Komisaris Utama Telkom Indonesia Bambang Brodjonegoro mengharapkan kehadiran Telkom dapat menjadikan IKN menjadi kota yang siap menghadapi...
Ist

SGM Eksplor Luncurkan Gerakan agar Anak Dapat Akses Nutrisi dan Pendidikan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:23 WIB
Ada 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya