Selasa 26 Juli 2022, 11:45 WIB

Baim Batal Daftarkan HAKI CFW Tetap Sokong Kreativitas Bonge Cs

Muhamad Fauzi | Humaniora
Baim Batal Daftarkan HAKI CFW Tetap Sokong Kreativitas Bonge Cs

MI/Ramdani
Peragaan busana jalanan di lokasi yang kini sering disebut "Citayam Fashion Week" kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Sabtu (23/7/2022).

 

AKTOR Baim Wong memutuskan tidak melanjutkan pendaftaran merek Citayam Fashion Week (CFW) ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Baim mengaku tidak ingin permohonan pendaftaran merek Citayam Fashion Week sebagai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) menjadi polemik berkepanjangan.

Baim menjelaskan niat awal mendaftarkan HAKI CFW hanya memberikan ruang yang lebih besar untuk para generasi muda agar dapat berkreasi dengan lebih baik dan tertata. Baim menyebut langkah yang ia lakukan tidak ujug-ujug, melainkan telah berdiskusi dengan para penggagas CFW seperti Bonge, Jeje, Roy, dan Kurma.

"Awalnya cuma pengen tahu siapa yang punya HAKI dan minta izin karena kita mau buatkan acara seperti kompetisi gitu. Tujuannya agar momentum kreativitas seperti ini tidak hilang begitu saja," ujar Baim dalam akun Youtube Baim Paula yang dikutip Selasa (26/7/2022).

Lantaran belum ada yang mendaftarkan, Baim pun atas persetujuan empat orang tersebut berinisiatif mendaftarkan HAKI CFW. Baim dan para penggagas CFW sepakat seluruh keuntungan dari ajang CFW akan digunakan untuk pembangunan di Citayam. Namun, ucap Baim, niat baiknya ini justru disalahartikan bahwa ia ingin meraup keuntungan dari fenomena CFW. Hal ini membuat Baim sedih. Baim mengaku bukan tipikal orang yang suka mengambil hak orang lain, terlebih Baim pun sadar bahwa CFW merupakan ide kreatif dari para generasi muda.

"Sedih juga dibilang mau ambil keuntungan, demi Allah SWT tidak ada maksud ke sana, malah kita ingin ini jadi wadah besar dan hasilnya buat mereka semua," ucap Baim.

Oleh karena itu, Baim memilih melepas proses pendaftaran HAKI CFW. Sempat terbesit mendaftarkan HAKI CFW kembali namun dengan Bonge dan kawan-kawan. Namun niat ini ia urungkan lantaran khawatir kegaduhan ini kian berlarut-larut.

"Saya bilang ke mereka, kalian tidak salah, mungkin salah saya ketika awal harusnya saya agak mengerti bahwa ini domain publik, maaf," lanjutnya.

Baim dengan tulus meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia lantaran ia tidak begitu memahami soal HAKI dan domain publik. Baim mengaku hal ini murni karena kekurangan dirinya yang masih harus banyak belajar, meski di sisi lain Baim menegaskan tidak ada sedikit pun niat mengambil keuntungan atas kerja keras dan kreativitas yang dilakukan Bonge dan kawan-kawan.

"Ini memberikan banyak pelajaran banyak saya, mohon maaf kalau jadi heboh, tidak enak banget, tap jauh sekali dengan persepsi orang kalau saya mau ambil untung, tidak, malah kebalikannya, saya ingin mendorong CFW ini jadi ajang yang sangat bagus," ungkap Baim. (OL-13)

Baca Juga:  Ulah Politisi dan Publik Figur Nodai Citayam Fashion Week

Baca Juga

Ist

Keterbukaan dan Sikap Kritis Kunci Pulih dari Intoleransi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:40 WIB
Proses radikalisasi seringkali masuk akibat keterbukaan yang tidak diiringi sikap kritis. Hal ini mengingat strategi infiltrasi kelompok...
Antara

Cegah Kasus PMK Meluas, Pemerintah Impor 14 Juta Dosis Vaksin

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:37 WIB
Pemerintah juga melakukan percepatan vaksinasi pada hewan ternak sehat, namun berada di wilayah yang berstatus wabah...
Medcom.id/Ahmad Garuda

Mau Buat SIM C, Ini Syarat dan Biayanya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:54 WIB
Apabila anda ingin segera mengendarai kendaraan, terutama sepeda motor, ketahui apa saja syarat dan berapa biaya pembuatan SIM...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya