Jumat 22 Juli 2022, 20:44 WIB

Manfaat Energi Matahari bagi Manusia, Hewan, Tumbuhan

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora
Manfaat Energi Matahari bagi Manusia, Hewan, Tumbuhan

Antara/Ahmad Subaidi.
Seorang laki-laki berdiri di areal tugu Mataram Metro dengan latar belakang Halo Matahari di Mataram, NTB, Selasa (19/7/2022).

 

SIANG dan malam merupakan akibat dari pergerakan Matahari. Matahari adalah sumber energi terbesar di dunia. 

Oleh karena itu, Matahari memberikan banyak dampak yang bisa menjadi manfaat untuk kita di Bumi. Manfaat-manfaat tersebut tidak hanya untuk sebagian kecil makhluk Bumi, tetapi untuk semua aspek dan makhluk yang ada tidak terkecuali.

Manfaat energi matahari bagi manusia

Tenaga listrik

Dengan bantuan cahaya matahari yang tidak ada habisnya, manusia memanfaatkan hal tersebut dengan mengubahnya menjadi pembangkit listrik tenaga surya. Di zaman yang sudah semakin modern, semakin banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan panel surya. 

Vitamin D

Vitamin D sangat diperlukan di saat pandemi. Seorang manusia harus menerima sebanyak 4.000-9.000 IU/hari atau sekitar 10 sampai 20 menit setiap hari disadur dari The Institute OF Medicine.

Penerangan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, tanpa cahaya kita tidak bisa melihat apapun. Dengan cahaya matahari kita dapat melihat tanpa bantuan listrik. Hal itu dapat membantu kita menyimpan energi yang bisa dipakai untuk hal lain.

Meningkatkan imun tubuh

Berdasarkan penelitian dari Georgetown University Medical Center terkait energi panas matahari, sinar matahari dapat memberikan energi pada sel T yang merupakan salah satu sel dengan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Menurunkan berat badan

Fakta ini mungkin paling banyak dicari oleh orang. Berjemur di bawah sinar matahari yang mengeluarkan sinar UV terbukti mengubah kolesterol di tubuh menjadi vitamin D. Kolesterol yang berlebihan tentu saja tidak baik untuk tubuh kita. Hal tersebut dapat menyebabkan berat badan yang berlebih.

Baca juga: Ini Susunan Lapisan Bumi dari yang Terdalam hingga Terluar

Manfaat energi matahari bagi hewan

Vitamin D

Sama seperti manusia, hewan juga membutuhkan vitamin D dan Matahari memberikan asupan vitamin ini secara gratis dengan cara yang mudah.

Menjaga keseimbangan suhu

Agar suhu tubuh hewan tetap hangat dan stabil, hewan-hewan tersebut memanfaatkan sinar Matahari dalam aktivitas sehari-hari.

Mempercepat proses adaptasi

Hewan merupakan makhluk yang sering berpindah tempat. Dengan bantuan Matahari mereka dapat beradaptasi terhadap lingkungannya dengan cepat.

Memperlancar proses pencernaan makanan

Panas dari sinar Matahari dapat digunakan beberapa hewan untuk membantu melancarkan proses pencernaan makan di tubuh mereka.

Menghangatkan tubuh

Terutama hewan reptil, panas Matahari sangat berguna untuk menghangatkan tubuh hewan untuk bisa bertahan hidup di habitatnya.

Manfaat energi matahari bagi tumbuhan   

Fotosintesis

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fotosintesis adalah pemanfaatan energi cahaya matahari (cahaya matahari buatan) oleh tumbuhan berhijau daun atau bakteri untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat. Oleh karena itu, Matahari berperan penting dalam proses pertumbuhan tumbuhan.      

Menambah nutrisi

Sinar Matahari merupakan sumber nutrisi terbaik bagi tumbuhan. Matahari dapat membantu proses pertumbuhan kecambah agar menjadi lebih kaya nutrisi.

Pertumbuhan tanaman

Matahari bermanfaat untuk mengaktifkan klorofil, memberikan warna hijau, menghangatkan biji, menjaga suhu agar tetap stabil, mempercepat proses pertumbuhan pada tumbuhan dan sebagainya. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Roemah Indonesia BV

Roemah Indonesia BV dan Menteri BUMN Erick Thohir Gelar Pasar Kopi di Eropa

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:38 WIB
Secara unik, acara besar itu akan membawa pengunjung mengenal perjalanan kopi Indonesia, mulai dari menyaksikan pameran sejarah produksi...
Ist

Rambut Rontok 60-100 Helai per Hari, Saatnya Konsultasi ke Dokter

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:22 WIB
Di seluruh dunia, sekitar 60% pria dan 50% wanita mengalami beberapa bentuk kerontokan rambut sehingga membutuhkan penanganan...
Ist

Gerakan Pramuka Solusi Atasi Kecanduan Gawai pada Anak dan Remaja

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 12:42 WIB
Gerakan Pramuka yang biasanya dipenuhi dengan kegiatan alam, ketrampilan dan persaudaraan bisa mengalihkan perhatian sejenak dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya