Senin 08 Agustus 2022, 18:55 WIB

Nama-Nama Dinosaurus Terpopuler yang Pernah Hidup di Zaman Mesozoikum

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora
Nama-Nama Dinosaurus Terpopuler yang Pernah Hidup di Zaman Mesozoikum

DOK MI.
Titanosaurus.

 

DINOSAURUS merupakan hewan purbakala yang telah punah. Walaupun kita sudah tidak bisa melihatnya lagi, tetapi dinosaurus masih banyak dibicarakan oleh banyak orang. 

Tak jarang banyak film yang menceritakan kembali kehidupan binatang raksasa dari zaman prasejarah tersebut. Bahkan tak jarang animasi tentang dinosaurus banyak diminati anak-anak karena bentuknya yang lucu dengan suara khasnya yaitu rawr.

Kata dinosaurus berasal dari bahasa Yunani yaitu deinos yang berarti kuat, mengerikan, dan hebat serta sauros yang berarti kadal. Jika digabungkan, dinosaurus berarti kadal yang kuat, mengerikan, dan hebat. Karena bentuknya yang besar, dinosaurus sering dikategorikan sebagai hewan karnivora dan omnivora. Padahal ada juga dinosaurus herbivora. Dinosaurus mendominasi zaman mesozoikum bersama dengan reptil besar lain, sehingga zaman tersebut dikenal dengan zaman reptil.

Zaman mesozoikum

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, zaman mesozoikum ialah periode tengah dalam sejarah perkembangan Bumi beserta segala hal yang hidup, yaitu kira-kira 200 juta sampai 65 juta tahun yang lalu. Zaman mesozoikum dibagi menjadi tiga periode yaitu zaman trias, jura, dan kapur.

1. Zaman trias munculnya reptil dan dinosaurus bersama dengan meningkatnya jumlah mamalia, reptil air, amonit, gastropoda, dan bivalvia.

2. Zaman jura ketika Ichthyosaurus dan Plesiosaurus menguasai laut, Pterosaurus dan Pterodactyl menguasai udara, serta menjadi tanda terpisahnya Pangea menjadi beberapa benua.

3. Zaman kapur yaitu dinosaurus, mamalia, dan tumbuhan bertambah banyak, lempeng bumi aktif bergerak, dan terciptanya pegunungan seperti Pegunungan Rocky di Amerika Utara.

Klasifikasi dinosaurus

1. Theropods yaitu dinosaurus pemakan daging yang memiliki panggul seperti kadal, kaki yang besar dan kuat, serta tangan yang pendek. Contohnya, Albertosaurus, Allosaurus, Coelophysis, Deinonychus, Oviraptor, Spinosaurus, Tyrannosaurus, dan Velociraptor.

2. Sauropods ialah pemakan tanaman yang memiliki leher yang panjang, ekor yang panjang, dan berjalan dengan empat kaki. Contohnya,Brachiosaurus, Diplodocus, Giraffatitan, Jobaria, dan Seismosaurus.

3. Stegosaurus memiliki tanduk yang keras seperti tulang di sepanjang tulang belakang dan bergerak dengan lamban.
Contohnya, Kentrosaurus dan Stegosaurus.

Baca juga: Mengenal Tata Nama Biologi serta Daftar Nama Ilmiah Tumbuhan dan Hewan

4. Ankylosauria ditandai dengan tulang yang tebal sebagai pelindung di punggung. Contohnya, Ankylosaurus, Minmi, dan Euoplocephalus.

5. Cerotopsian berkaki empat, memiliki tiga tanduk, dan plat tulang di sekitar kepalanya. Contohnya, Psittacosaurus, Styracosaurus, dan Triceratops.

6. Ornithopods berjalan dan berlari dengan dua kaki. Contohnya, Parasaurolophus, Iguanodon, Lesothosaurus, Corythosaurus.

7. Pachycephalosauria berjalan dengan dua kaki belakang dan memiliki tempurung kepala yang tebal. Contohnya, Pachycephalosaurus dan Stegoceras.

Dinosaurus di zaman mesozoikum

1. Tyrannosaurus Rex sering disebut dengan T-Rex merupakan jenis dinosaurus yang paling ganas dan mengerikan.
2. Brontosaurus memiliki tubuh yang sangat besar dan panjang dengan tinggi berkisar 27 meter dan berat 39 ton.
3. Stegosaurus memiliki tubuh yang dipenuhi lempengan duri yang bertujuan untuk menarik mangsa ketika masa kawin.
4. Triceratops memiliki ciri khas tanduk yang besar di belakang kepala dengan tinggi kurang lebih 9 meter dan berat hampir 10 ton.
5. Velociraptor lebih kurus dan kecil dari T-Rex, dapat berlari hingga kecepatan 39 km/jam.
6. Dilophosaurus memiliki sirip di bagian kepala yang dapat membuka dan menutup dengan rahang yang sangat kuat.
7. Spinosaurus punya sirip besar di bagian punggung hingga ekor sehingga dapat berenang dengan gesit di dalam air.
8. Corythosaurus memiliki jengger di bagian atas kepala yang berfungsi untuk memberikan tanda saat ada hewan pemangsa agar tidak mendekat, selain itu dinosaurus ini juga mempunyai bentuk mulut seperti paruh bebek. (OL-14)

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Sekolah Berhati Berikan Bantuan Pendidikan kepada Puluhan Lembaga Binaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 17:08 WIB
Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menginisiasi program edukasi yakni Sekolah Berhati (Berkarakter Hijau, Sehat, dan...
ANTARA

Gakkum KLHK Tetapkan 2 Tersangka Pencemaran Lingkungan di Bengkalis Riau

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 27 September 2022, 17:04 WIB
Menurut Ridho, tindakan tegas dilakukan sebagai upaya untuk memberi efek jera terhadap pelaku kejahatan...
Dok. Pribadi

Bantu Siswa Melihat Lebih Jelas, Rohto-Kasoem Kolaborasi Lakukan Pemeriksaan dan Pemberian Kacamata Gratis

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 17:02 WIB
Lewat program CSR Rohto Peduli, Rohto dan Kasoem menjalin kolaborasi memberikan pemeriksaan mata kepada anak-anak, terutama pelajar SD dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya