Rabu 20 Juli 2022, 16:34 WIB

Raih Akreditasi Unggul, FK UPH Siap Cetak Dokter Muda Handal

mediaindonesia.com | Humaniora
Raih Akreditasi Unggul, FK UPH Siap Cetak Dokter Muda Handal

Ist
Fakultas Kedokteran UPH terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas baik dari sisi akademis, fasilitas, dan tenaga pengajar.

 

ADANYA kebutuhan terhadap tenaga kesehatan yang unggul di Indonesia, salah satunya dokter, mendorong institusi pendidikan untuk terus meningkatkan kualitasnya.

Maka, para lulusan yang dihasilkan harus siap melayani dan mengisi kebutuhan tenaga kesehatan secara merata mulai dari pulau Sumatera hingga Papua.

Kebutuhan ini disoroti Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (FK UPH) yang terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas baik dari sisi akademis, fasilitas, tenaga pengajar, kerja sama, dan lainnya dengan lulusan FK UPH diharapkan mampu menjadi dokter muda yang terampil dan handal.

Upaya ini akhirnya membuahkan hasil, yaitu dengan diraihnya Akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) di Program Studi (Prodi) Sarjana Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter FK UPH pada April 2022.

Hasil dari penilaian tersebut diterbitkan melalui Surat Keputusan (SK) LAM-PTKes Nomor: 0230/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2022 tentang Status, Nilai, dan Peringkat Akreditasi Prodi Sarjana Kedokteran UPH terakreditasi peringkat Unggul.

SK LAM-PTKes Nomor: 0231/LAM-PTKes/Akr/Pro/IV/2022 tentang Status, Nilai, dan Peringkat Akreditasi Prodi Profesi Dokter UPH yang juga terakreditasi peringkat Unggul

Baca juga: IDI dan WMA Gelar Simposium Soal Standarisasi Etik Kedokteran Dunia

Adapun indikator penilaian akreditasi antara lain adalah tata pamong (sistem yang menjamin penyelenggaraan perguruan tinggi), dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, serta fasilitas dan wahana pendidikan.

Direktur Administrasi dan Student Affairs FK UPH, Beverley Wonsono, BA, MA, mengatakan, “FK UPH selalu memperhatikan hasil akreditasi sebelumnya, di mana kami melakukan monitoring dan evaluasi, untuk selanjutnya dapat dilakukan pengembangan FK sesuai rencana strategi yang disusun oleh tim."

"Untuk masing-masing indikator penilaian, FK UPH selalu berupaya untuk memenuhi lebih dari prasyarat minimal yang diminta,” tuturnya.

Merespons pencapaian ini, Dekan FK UPH  Prof. Dr. Dr. dr. Eka Julianta Wahjoepramono, Sp. BS., Ph.D menyampaikan bahwa perolehan akreditasi unggul ini adalah awal untuk FK UPH semakin semangat dalam mengembangkan kualitas pendidikan kedokteran di Indonesia. 

“FK UPH menerima akreditasi unggul karena telah memiliki dosen-dosen yang terus melakukan beragam riset dan penelitian, fasilitas praktikum yang sangat baik, dan kerja sama dengan mitra-mitra baik nasional maupun internasional yang terus diperluas," kata Prof.Eka.

"Tentu ini bukan menjadi tujuan akhir, namun menjadi pijakan bagi kami untuk mengembangkan post graduate seperti dokter spesialis, researcher, dan lainnya. Hal ini karena didasari prinsip bahwa Medicine is a lifelong study, artinya kita harus terus berkembang dan berinovasi,” jelasnya.

 FK UPH, menuru Prof.Eka, juga terus berkolaborasi dengan berbagai institusi perawatan kesehatan swasta, pemerintah, dan rumah sakit pendidikan FK UPH sendiri yaitu Rumah Sakit Umum Siloam untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan melalui pengalaman langsung. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

MI/Joan Imanuella Hanna Pangemanan

Baby Business dan Open Your Heart to Country, Dongeng Karya Jasmine Seymour

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 06:45 WIB
Dongeng berjudul Baby Business itu berisi tentang upacara pengasapan bayi dengan adat Dharug yang bertujuan menyambut kelahiran sang bayi...
MI/Meilani Teniwut

Ini Manfaat Mendongeng di Era Digitalisasi

👤Meilani Teniwut 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 06:30 WIB
Orangtua memiliki peran penting untuk menfasilitasi kecintaan membaca buku dengan cara membaca lebih dari satu buku bersama dengan...
DOK RENDRA SETYADIHARJA

Jadi Warisan Budaya Dunia UNESCO, Nadiem Ajak Lestarikan Pantun

👤Faustinus Nua 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:15 WIB
Indonesia telah mencatat sejarah penting karena pantun diakui sebagai budaya dunia pada Desember 2020 dan kerja keras melestarikan pantun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya