Minggu 17 Juli 2022, 14:13 WIB

Katarak, Penyebab Kebutaan Tertinggi di Indonesia

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Katarak, Penyebab Kebutaan Tertinggi di Indonesia

ANTARA/Seno
Sejumlah pasien antre mengikuti operasi mata katarak di RSUD Besuki, Situbondo, Jawa Timur.

 

PADA 2020, Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia, bekerja sama dengan Balitbangkes, melakukan survei yang menyatakan bahwa dari 1,6 juta masyarakat Indonesia yang mengidap kebutaan, 81%, atau setara dengan 1,3 juta, disebabkan oleh katarak yang tidak ditangani. 

Padahal, katarak sendiri merupakan penyakit yang bisa disembuhkan dan dicegah, apabila dilakukan penanganan yang tepat sebelum komplikasi.

Pengertian katarak

Katarak adalah penyakit mata yang disebabkan oleh gumpalan protein yang terdapat di lensa mata. Akibat dari gumpalan tersebut, penglihatan tidak bisa lagi bekerja secara optimal. 

Baca juga: Direktorat Jenderal Pajak Gelar Operasi Katarak Gratis di RS Ukrina  

Katarak pada umumnya disebabkan oleh  efek penuaan dan juga trauma mata yang disebabkan oleh benturan dan pemaparan cahaya pada mata secara berlebihan.

Gejala katarak

Pada umumnya, gejala katarak adalah penurunan fungsi mata yang menyebabkan penderita kekurangan sensivitas pada warna, rasa silau saat melihat cahaya, dan kebutuhan kacamata yang sering kali harus terus berganti. 

Dan, apabila tidak ditangani lebih lanjut, bisa menyebabkan kebutaan permanen.

Pengobatan katarak

Katarak pada umumnya dimulai dengan gejala ringan, berupa gangguan penglihatan kecil dan sesaat. Namun, katarak bersifat berkelanjutan. Apabila tidak ditangani, penyakitnya bisa berkembang dan merusak mata lebih lagi.

Untuk mengobati pengidap katarak, bisa dilakukan dengan operasi Small Incision Cataract Surgery, dengan, dokter melakukan insisi pada mata, dan dilanjutkan dengan pengeksposan gelombang ultrasuara yang akan menghancurkan lensa mata, yang selanjutnya akan diambil dengan alat khusus, lalu diganti dengan lensa buatan. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Asprilla Dwi Adha

UI Pamerkan Bus Listrik Merah Putih di Hakteknas Ke-27

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:15 WIB
Rancangan teknologi bus listrik lahir dari ide periset yang berasal dari Fakultas Teknik UI, sementara perusahaan mitra berperan sebagai...
AFP

Anak Terinfeksi Monkeypox, Satgas: Perlu Penanganan Khusus

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:04 WIB
Kelompok usia anak menjadi salah satu pasien yang perlu mendapat penanganan khusus dari tenaga medis, khususnya saat terinfeksi cacar...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

UGM Buka Pendaftaran KIP Kuliah untuk Mahasiswa Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:00 WIB
Penerima KIP-K berhak mendapat bantuan biaya pendidikan atau uang kuliah tunggal (UKT) yang dibayarkan oleh pemerintah langsung ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya