Minggu 03 Juli 2022, 11:00 WIB

Kementan Kebut Penanganan PMK Jelang Iduladha

Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora
Kementan Kebut Penanganan PMK Jelang Iduladha

ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya
Petugas DKPP Kota Surabaya memvaksin hewan sebagai upaya mengantisipasi dan pencegahan wabah PMK menjelang Hari Raya Iduladha.

 

PEMERINTAH telah membentuk Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Tim tersebut bakal menggandeng pemangku kepentingan guna mengebut penanganan PMK pada hewan ternak.

“Satgas Penanganan PMK saling bahu membahu bersama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menyelesaikan permasalahan strategis PMK secara cepat dan tepat,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulis, Minggu (3/7).

Wiku mengatakan akselerasi penanganan PMK penting menjelang Iduladha. Pasalnya, penyakit itu sudah tersebar di 19 provinsi dan 223 kabupaten/kota.

Baca juga: Sumsel Kebut Vaksinasi PMK sebelum Idul Adha

“Dengan lima provinsi tertinggi di Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, Aceh, dan Jawa Barat,” papar dia.

Wiku menyebut upaya itu membutuhkan partisipasi seluruh pihak. Mulai dari kementerian/lembaga, TNI, Polri, media massa, pakar, hingga seluruh masyarakat Indonesia.

“Karena wabah PMK dapat berdampak meluas, tidak hanya kepada kesehatan hewan namun juga sektor perekonomian nasional,” ujar dia.

Wiku mengajak masyarakat mematuhi dan disiplin menerapkan kebijakan pemerintah soal PMK. Supaya ibadah kurban berlangsung khusyuk dan aman dari penularan PMK. (OL-1)

Baca Juga

DOK/ASTRA INTERNASIONAL

Kemenko PMK Gandeng SMK Binaan Astra Tingkatkan Kemandirian Pangan dan Perbaikan Lingkungan

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:25 WIB
Gerakan Penanaman 10 juta Pohon ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menyadari persoalan lingkungan saat...
FOTO/researchgate.net

Inilah Bahaya yang Mengerikan Akibat BPA 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:23 WIB
Paparan BPA memiliki risiko terhadap gangguan perkembangan janin, menghasilkan kondisi feminisasi janin, fetus infertilitas, kualitas...
MI/Panca Syurkansi.

Cocok untuk Diet, Kimpul Alternatif Pengganti Nasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:13 WIB
Kementerian Pertanian (Kementan) menginisiasi talas belitung atau yang dikenal dengan kimpul sebagai calon pengganti nasi dari beras...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya