Rabu 08 Juni 2022, 05:40 WIB

SMKPPN Kementan di Banjarbaru Luluskan Petani Milenial Berkompetensi

mediaindonesia.com | Humaniora
SMKPPN Kementan di Banjarbaru Luluskan Petani Milenial Berkompetensi

dok.ist
Kepala SMKPPN Banjarbaru, Budi Santoso (pegang mikrofon) pada kegiatan pelulusan dan pelepasan 81 siswa kelas XII.

 

SAAT ini Kementerian Pertanian RI khususnya Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) gencar memfasilitasi dan menarik minat generasi milenial untuk back to agriculture (kembali ke pertanian), dengan mencanangkan program cetak 2,5 juta petani milenial.

“Kita fasilitasi mereka. Kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren dan hebat," kata Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan.

Hal itu diamini oleh Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi bahwa untuk menjadi negara maju, hal utama yang perlu digenjot adalah SDM-nya. Guna memenuhi target tersebut, perlu dilakukan pemantapan pendidikan vokasi pertanian, mencetak lulusan yang berkualitas baik sebagai job seeker, job creator maupun pengusaha pertanian milenial.

“Sementara kualifikasi job seeker adalah petani milenial yang terampil dan menguasai pekerjaannya yang bisa ditempatkan pada dunia usaha dan industri sektor pertanian,” katanya.

Langkah tersebut diimplementasikan oleh unit pelaksana teknis [UPT] pendidikan Kementan, yakni SMK-PP Negeri Banjarbaru berhasil mencetak calon penerus generasi muda bidang pertanian dengan meluluskan 81 siswa kelas XII Tahun Pendidikan 2021/2022.

Pengumuman kelulusan dilakukan oleh pihak sekolah kepada siswa pada Jumat pekan lalu (3/6). Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMK-PP Negeri Banjarbaru, yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Budi Santoso, Kasubag Tata Usaha, Isnanto Purwokusumo, tenaga pendidik dan siswa XII SMK-PP N Banjarbaru.

Budi Santoso dalam sambutannya mengatakan, “semoga 81 siswa ini, kami doakan sukses selalu. Semoga nantinya di antara kalian ada yang menjadi pengusaha di bidang pertanian yang sukses.”

Dia menambahkan bahwa para siswa yang dinyatakan lulus telah menempuh pendidikan di SMK-PP N Banjarbaru selama tiga tahun. Secara hasil terhadap kecakapan dan keterampilan, sudah dinyatakan lulus dengan uji sertifikasi siswa yang kemudian dinyatakan kompeten oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

“Setelah lulus kalian tetap harus belajar. Fakta di lapangan sangat berbeda dengan di sekolah, tetapi ingat ini adalah awal perjuangan kalian. Tetap semangat menempuh perjuangan yang lebih keras dan selamat berjuang sendiri," kata Budi Santoso.

Tahun ini SMK-PP N Banjarbaru meluluskan dan melepas sebanyak 81 orang yang terdiri dari tiga Kompetensi Keahlian yang ada di SMK-PP N Banjarbaru, di antaranya 38 siswa Agribisnis Tanaman Perkebunan, 23 siswa Agribisnis Tanaman Pangan & Hortikultura dan 20 siswa Agribisnis Pengolahan Hasil.

Di antara 81 siswa di atas di antaranya ada yang meneruskan bekerja di perusahaan, melanjutkan kuliah, menjadi abdi negara, serta tentunya ada yang melanjutkan menjadi petani di wilayah masing-masing. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Sandiaga Salut UMKM Bisa Buka Lapangan Pekerjaan Bagi Kaum Dhuafa

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Basri Marzuki

KLHK Siapkan Anggaran Rp1,6 M untuk Kegiatan Berbasis Masyarakat

👤Atalya Puspa 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:18 WIB
Sebanyak Rp1,6 miliar dialokasikan kepada setiap unit eselon 1 untuk kegiatan berbasis masyarakat di lapangan. Seperti misalnya patroli,...
MI/Retno Hemawati

DPR Nilai Implementasi Program BRIN Lemah

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:17 WIB
Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKS Mulyanto menilai implementasi program Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sangat...
MI/Ardi T Hardi

Haedar Nashir: Muhammadiyah dan NU Pilar Strategis Islam Indonesia

👤Ardi T Hardi 🕔Senin 06 Februari 2023, 21:41 WIB
KETUA Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir sampaikan selamat  Harlah se Abad NU dan berharap  Muhammadiyah dan NU menjadi jalan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya