Selasa 26 April 2022, 15:12 WIB

Baru 10% Pelaku Ekonomi Kreatif yang Punya Perlindungan Kekayaan Intelektual

Emir Chairullah | Humaniora
Baru 10% Pelaku Ekonomi Kreatif yang Punya Perlindungan Kekayaan Intelektual

Antara
Perajin membuat kerajinan dari bahan goni di stan pameran wilayah Jawa Tengah.

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin meminta agar perlindungan terhadap aset kreatif terus digenjot. Saat ini, nyaris 90% pelaku usaha yang bergerak di sektor ekonomi kreatif, justru belum memiliki perlindungan kekayaan intelektual.

“Sebagai model ekonomi yang bertumpu pada kekuatan sumber daya manusia, ekonomi kreatif membangun fondasinya di atas kekayaan intelektual,” ujar Ma'ruf di Istana Wapres, Selasa (26/4).

Menurutnya, kontribusi sektor ekonomi kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia cukup signifikan. Pada 2021, kontribusi sektor ekonomi kreatif mencapai Rp1.300 triliun dan mampu membuka lapangan kerja bagi sekitar 17 juta orang.

Baca juga: Produk Ekonomi Kreatif Bisa Diberdayakan untuk Bingkisan Lebaran

“Secara persentase kontribusi terhadap PDB, Indonesia menduduki peringkat 3 besar dunia, setelah Amerika Serikat dengan Hollywood, lalu Korea Selatan dengan K-Pop,” imbuh dia.

Perlindungan terhadap aset kreatif dinilai dapat mendorong pertumbuhannya dengan pesat. “Perlindungan terhadap modal intelektual sebagai aset tidak berwujud juga yang akan menjamin keberlanjutannya,” tegas Ma'ruf.

Baca juga: Tradisi Lukat Geni Masuk Daftar Kekayaan Intelektual Komunal Desa Paksebali

Lebih lanjut, dia berpendapat pemahaman akan urgensi perlindungan kekayaan intelektual menjadi salah satu aspek penting pemberdayaan UMKM untuk naik kelas. Inovasi dan kreativitas sektor UMKM berdampak signifikan di tengah upaya pemulihan ekonomi pascapandemi covid-19. 

“Diharapkan setidaknya 20% dari sekitar 64 juta UMKM yang ada di Indonesia, dapat dilindungi kekayaan intelektualnya,” paparnya.

Wapres pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, agar terus bangkit sebagai insan kreatif, inovatif dan inspiratif untuk Indonesia Maju.(OL-11)

Baca Juga

dok.pribadi

IPB Lahirkan Generasi Ketiga Doktor Pemetaan Tanah Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 17:34 WIB
IPB University melahirkan generasi ketiga ilmuwan pemetaan digital asal Indonesia, yakni Destika Cahyana pada penghujung Juni...
DOK UMJ

UMJ Kukuhkan Herwina Bahar Sebagai Guru Besar Ilmu Pendidikan

👤Widhoroso 🕔Rabu 29 Juni 2022, 17:30 WIB
UNIVERSITAS Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar pengukuhan guru besar pada di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ, Rabu...
ANTARA/Rivan Awal Lingga

Usulkan Keanggotaan Dewan ITU Region E, Menkominfo: Indonesia Bawa 3 Agenda

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 17:25 WIB
Pemerintah RI telah menyusun Roadmap Transformasi Digital Nasional...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya