Selasa 08 Februari 2022, 21:54 WIB

Mengenal Fungsi Lambung sebagai Organ Tubuh Manusia

Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora
Mengenal Fungsi Lambung sebagai Organ Tubuh Manusia

AFP/Mohammed Huwais.
Ilustrasi.

 

SIAPA tak tahu lambung? Salah satu organ di dalam tubuh manusia ini memiliki peran yang sangat vital. Lambung yang sehat akan membuat hidup seseorang jadi lebih berkualitas.

Lalu apa saja sebenarnya fungsi lambung bagi tubuh manusia? Berikut ini jawabannya:

1. Mengolah makanan

Mengolah makanan merupakan fungsi utama lambung. Makanan dalam lambung akan terolah dengan bantuan dari enzim dan asam yang ada dalam lambung. Di antaranya enzim pepsin, mucin, dan gastrin. Ketika mengolah makanan lambung akan bergerak secara refleks atau gerakan peristaltik untuk mencampur dan mempercepat penghancuran makanan.

2. Menyimpan makanan

Tak semua jenis makanan dapat langsung terolah ketika masuk ke lambung. Beberapa jenis makanan membutuhkan waktu untuk bisa tercerna dengan baik dan masuk ke usus. Selama proses tersebutlah lambung menjadi lokasi penyimpanan makanan.

3. Menyaring racun dan zat berbahaya

Sebagai organ pengolah makanan, lambung juga dibekali dengan kemampuan memilah zat yang baik dan berbahaya bagi tubuh. Menggunakan asam bernama hidroklorik yang ada di dalamnya, zat berbahaya atau mikroba dalam lambung akan dengan sendirinya hilang, terurai, atau terminimalisasi. Dengan begitu dampaknya pada tubuh juga dapat dihilangkan atau ditekan.

4. Menyerap nutrisi

Lambung memiliki kandungan lain yang dapat membantu tubuh lebih cepat menyerap nutrisi. Salah satunya vitamin B12. Dengan begitu nutrisi dari makanan yang telah terolah dapat segera disalurkan sebagai sumber energi bagi tubuh.

Untuk menjaga fungsi lambung agar dapat terus bekerja dengan baik ada hal-hal yang harus dilakukan dan hindari. Dengan begitu tubuh akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan mulai dari diare, sembelit, hingga maag dan gerd.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan lambung. Pertama, makan teratur dan dalam porsi yang tak terlalu banyak. Kedua, hindari minuman berkarbonasi. Ketiga, konsumsi cukup sayur dan buah.

Baca juga: Inilah 5 Manfaat Bawang Putih yang Jarang Diketahui

Selain itu, tidak disarankan untuk makan atau mengemil terlalu dekat dengan waktu tidur malam. Lambung juga membutuhkan asupan air setidaknya delapan gelas sehari untuk membuat kerjanya menjadi lebih ringan dan maksimal. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Update 7 Agustus: Kasus Covid-19 Bertambah 4.279 Hari Ini

👤MGN 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:33 WIB
Sementara itu, kasus aktif berkurang 750 sehingga menjadi 50.145...
DOK MI

Kasus Covid-19 Bertambah 4.279 Orang

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:30 WIB
BERDASARKAN data Satgas Covid-19 hingga 7 Agustus 2022, kasus konfirmasi positif covid-19 bertambah sebanyak 4.279...
Dok Dompet Dhuafa

Eduwisata Ratusan Anak Yatim ke Sea World

👤Media Indonesia 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:10 WIB
ADA banyak cara berbagi kebahagiaan terhadap mereka yang kurang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya