Selasa 08 Februari 2022, 20:45 WIB

Inilah 5 Manfaat Bawang Putih yang Jarang Diketahui

Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora
Inilah 5 Manfaat Bawang Putih yang Jarang Diketahui

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Bawang Putih

 

SIAPA yang tak tahu bawang putih. Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak paling populer di dunia. Tak hanya di Indonesia dan Asia, tetapi juga seluruh benua.

Tak hanya memiliki rasa yang kuat dan nikmat. Bawang putih juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya yang paling populer ialah sebagai antibiotik alami dan sumbet antioksidan tinggi.

Namun, selain itu bawang putih juga ternyata memiliki segudang manfaat lain. Berikut ini beberapa mafaat bawang putih yang jarang diketahui seperti dilansir dari healthline.com, (8/2).

1. Menurunkan tekanan darah

Bawang putih dapat menjadi pilihan alami menurunkan tekanan darah. Kandungan alaminya dapat membuat tubuh lebih rileks dan tekanan darah lebih stabil. Hal itu sudah terbukti dari berbagai studi. Setidaknya konsumsilah empat siung bawang putih yang telah dihaluskan setiap harinya untuk hasil maksimal.

2. Mencegah demensia dan alzheimer

Radikal bebas merupakan salah satu faktor utama terjadinya penuaan dini. Tak hanya pada kulit tetapi pada seluruh organ tubuh, termasuk otak. Kandungan antioksidan alami yang tinggi pada bawang putih sangat ampuh mencegah radikal bebas bermukim pada tubuh. Dengan begitu penyakit alzheimer atau demensia dapat dicegah untuk datang ketika memasuki usia senja.

 

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka dan Pandemi

 

3. Meningkatkan angka harapan hidup

Bawang putih memiliki senyawa aktif yang dapat mencegah berbagai infeksi dan peradangan pada tubuh. Seperti diketahui infeksi dan peradangan merupakan faktor-faktor utama rusaknya tubuh manusia. Khususnya ketika memasuki usia senja. Dengan tubuh yang sehat dan bebas dari infeksi atau peradangan, angka harapan hidup masyarakat suatu wilayah juga dapat bertambah.

4. Meningkatkan stamina

Saat ini sudah banyak tersedia suplemen bawang putih. Suplemen bawang putih banyak digunakan oleh kalangan atlet karena dapat membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, pada beberapa studi ditemukan fakta atlet yang mengonsumsi suplemen bawang putih secara teratur memiliki stamina yang lebih kuat dan tahan lama dibandingkan yang tidak.

5. Mencegah pengeroposan tulang

Meski tak secara langsung, bawang putih memiliki peran untuk mencegah pengeroposan tulang pada wanita. Mengonsumsi setidaknya dua siung bawang putih sehari dapat membantu menjaga keseimbangan hormon estrogen pada wanita yang akan atau telah menopause. Kehadiran estrogen memiliki peran besar dalam menjaga kepadatan tulang setiap wanita. (OL-4)

Baca Juga

MI/M Irfan

PB IDI: Pemenuhan Jumlah Dokter Perlu Libatkan Kemendagri dalam SKB

👤 Faustinus Nua 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 16:09 WIB
Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengakui bahwa saat ini Indonesia memang mengalami kekurangan tenaga...
MI/Lilik Darmawan

BRIN Sebut Embun Beku Papua Berpotensi Berlanjut

👤Dinda Shabrina 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 15:20 WIB
Embun beku kerap terjadi pada dini hari hingga pagi hari di daerah pegunungan dan lembah selama musim kemarau di...
ANTARA FOTO/Siswowidodo

Kegiatan Pramuka Bentuk Generasi Muda yang Tangguh

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 14:44 WIB
"Berbagai kegiatan Pramuka yang diperkenalkan sejak SD harus mampu dimanfaatkan sebagai wahana untuk menanamkan nilai-nilai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya