Senin 07 Februari 2022, 18:30 WIB

Waspadai Eskalasi Kematian akibat Covid-19

Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora
Waspadai Eskalasi Kematian akibat Covid-19

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Petugas pemakaman beristirahat usai memakamkan sejumlah jenazah dengan protokol COVID-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta

 

KASUS kematian akibat covid-19 meningkat dalam beberapa hari terakhir. Teranyar, 82 orang menjadi korban jiwa akibat virus berbahaya itu pada hari ini.

“Ini merupakan sinyal bahaya sekaligus siaga bagi kita agar tetap mematuhi protokol kesehatan,” tulis data LaporCovid-19 seperti dikutip hari ini.

Sebanyak 57 pasien covid-19 meninggal pada Minggu, 6 Februari 2022. Kemudian 44 orang meninggal pada Sabtu, 5 Februari 2022.

“Selagi tren kematian terus meningkat, maka inilah fase bahaya terselubung yang menghanyutkan kewaspadaan kita, ditambah asumsi bahwa situasi sudah aman,” tulis LaporCovid-19.

Baca juga: Kasus Covid-19 Bertambah, 12 Sekolah di Cimahi Tutup

LaporCovid-19 menyebut kondisi akan mulai terlihat keparahannya ketika penularan kasus baru sudah semakin tidak terkendali. Apalagi saat kapasitas rumah sakit semakin menipis.

“Pemerintah perlu kembali mengetatkan peraturan penerapan protokol kesehatan, pembatasan mobilitas masyarakat, serta peningkatan jumlah testing harian” bunyi data tersebut.

Selain itu, pemerintah harus memastikan kesanggupan infrastruktur pelayanan kesehatan. Supaya Indonesia betul-betul siap saat menghadapi kemungkinan terburuk dari gelombang anyar covid-19. (OL-4)

Baca Juga

DOK Sahabat Ganjar

ITS Surabaya Juara Hackaton 2022 Jawa Timur

👤Widhoroso 🕔Minggu 26 Juni 2022, 22:14 WIB
TIM Victorits dari Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, meraih juara ajang Hackathon 2022 Jawa Timur yang berakhir Minggu...
ANTARA/Ampelsa

Peringatan HANI 2022, Kualitas SDM untuk Bangun Karakter Remaja Jadi Tantangan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 26 Juni 2022, 22:10 WIB
Sekarang ini mental emotional disorder atau gangguan mental emosional pada anak remaja dalam keluarga meningkat pesat pada 2018 jika...
Dok. Kemenparekraf

Sandiaga Tekankan Pentingnya Keterlibatan Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata 

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 22:07 WIB
Selain memahami akan potensi yang ada, masyarakat juga harus paham nilai-nilai penting yang terkandung dalam Sapta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya