Senin 07 Februari 2022, 18:06 WIB

Kasus Covid-19 Bertambah, 12 Sekolah di Cimahi Tutup

Depi Gunawan | Nusantara
Kasus Covid-19 Bertambah, 12 Sekolah di Cimahi Tutup

MI/Depi Gunawan.
Seorang anak SD menerima vaksinasi yang diselenggarakan di SMP Negeri 1 Kota Cimahi, Sabtu (31/7).

 

KASUS covid-19 di kalangan guru dan siswa di Kota Cimahi, Jawa Barat, kian mengkhawatirkan. Imbasnya, belasan sekolah mulai dari jenjang TK, PAUD, SD, dan SMP ditutup serta tidak diperbolehkan menggelar pembelajaran tatap muka
(PTM).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono, menyebutkan, total 12 sekolah harus ditutup untuk mencegah penyebaran covid-19 karena beberapa guru dan siswa dinyatakan positif korona. "Kami menerima laporan ada peningkatan kasus luar biasa. Untuk hari ini ada 12 sekolah yang ditutup," kata Harjono, Senin (7/2).

Dari 12 sekolah tersebut, Harjono menerangkan, ada 13 siswa dan 2 guru yang dinyatakan positif terpapar korona. Mereka tertular korona bukan dari aktivitas PTM, melainkan bisa dari keluarganya yang sebelumnya terpapar.

Harjono melanjutkan, aktivitas PTM di Cimahi saat ini sudah dibatasi menjadi 50%. Untuk 12 sekolah yang ditutup kini dialihkan ke daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). "Sekolah yang ditutup harus melaksanakan pembelajaran daring," ucapnya.

Puskesmas Cimahi Tengah melaksanakan swab test PCR terhadap ratusan siswa yang pernah kontak erat dengan siswa dari dua sekolah yang sebelumnya terkonfirmasi positif covid-19. "Sebelumnya kami lakukan tracing, lalu sekarang melaksanakan tes untuk memastikan apakah mereka tertular atau tidak. Jumlahnya sekitar 108 orang dari dua sekolah," ungkap Kepala Puskesmas Cimahi Tengah dr. Sri Utari.

Baca juga: Polres Bantul belum Tetapkan Tersangka Kecelakaan Bus Pariwisata

Selain terhadap siswa, swab test PCR juga dilakukan kepada guru. Setelah ini, mereka diharuskan menjalani isolasi mandiri hingga hasil tesnya keluar.

"Mereka tidak boleh ke sekolah sampai hasilnya keluar antara 4-5 hari. Untuk tesnya kami kirim ke Labkesda Jabar," jelasnya. (OL-14)

Baca Juga

dok.camat katingan

Banjir di Katingan Tengah Surut Aktivitas Warga Kembali Normal

👤Surya Sriyanti 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 11:01 WIB
SEJUMLAH desa di Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, Kalteng, dilanda banjir selama 3 hari dari tanggal 5 hingga 7 Agustus....
MI/Arnold

Disayangkan Potensi Rumput Laut Nusa Penida Minim Sentuhan Teknologi

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 10:00 WIB
POTENSI rumput laut Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali sangat luar biasa. Namun, belum ada ada sentuhan teknologi dan permodalan untuk...
MI/Mitha Meinansi

Pembangunan Masjid Nursiah Daud Paloh di Sigi Capai 80 Persen

👤Mitha Meinansi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 09:30 WIB
 PERKEMBANGAN pembangunan fisik Masjid Nursiah Daud Paloh yang berdiri juga diatas tanah wakaf dari Hajjah Nilam Sari Lawira tersebut,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya