Kamis 02 Desember 2021, 17:49 WIB

Kemensos Dorong Sekolah Penuhi Aksesibiltas untuk Penyandang Disabilitas

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Kemensos Dorong Sekolah Penuhi Aksesibiltas untuk Penyandang Disabilitas

ANTARA/IDHAD ZAKARIA
Sejumlah anak penyandang disabilitas saling menukar hadiah, di SLB C-C1 Yakut Purwokerto, Banyumas, Jateng, Kamis (2/12/2021).

 

DALAM rangka hari disabilitas Internasional (HDI) pada tanggal 3 Desember, Kementerian Sosial Republik Indonesia menggelar serangkaian acara sebagai bentuk penghormatan bagi para penyandang disabilitas khususnya di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kemensos, Harry Hikmat mendorong pemerintah daerah agar terus bisa memenuhi kebutuhan bagi para  penyandang disabilitas, khususnya terkait pendidikan. 

"Pemahaman inklusif berarti ada kesetaraan berarti tidak membedakan kesempatan, sekolah bisa di sekolah umum bukan dimarjinalisasi menjadi sekolah khusus," ungkapnya dalam diskusi dengan tema 'Mendorong Munculnya Kepemimpinan Anak dan Remaja Disabilitas Melalui Partisipasi dan Layanan yang Inklusif', di gedung Kemensos Jakarta, Kamis (2/12). 

Lebih lanjut, menurutnya sekolah harus menyiapkan fasilitas hingga aksesibilitas serta para guru yang mumpung, dan Pemerintah Daerah bisa menyiapkan transportasi perjalanan dari tempat tinggal ke sekolah.

"Agar anak anak kita dari sedari kecil bisa mendapatkan pendidikan seperti anak anak pada umumnya," jelasnya. 

"Yang terjadi sekarang justru langkah kebijakan cenderung memarjinalisasi keberadaan teman2 disabilitas. Itulah makna penghormatan, untuk bisa memberikan ruang inklusif, menempatkan mereka dalam posisi sebagai subjek," sambung Harry. 

Baca juga: Pelantikan KND Bukti Nyata Komitmen Pemerintah Penuhi Hak Penyandang Disabilitas

Perayaan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021 resmi dibuka oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial, Jakarta. Peringatan ini menandakan bahwa Negara Indonesia sangat berkomitmen dalam upaya penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

Rangkaian HDI 2021 yang dimulai hari ini diisi dengan sosialisasi dan publikasi, webinar series, pameran lukisan dan foto, penyerahan bantuan ATENSI, gebyar inklusi, penyuluhan sosial, melukis bersama penyandang disabilitas, pameran kerajinan tangan hasil karya penerima manfaat, penampilan seni dari penyandang disabilitas hingga kuliner dari berbagai balai rehabilitasi sosial.

"Pameran ini kita adakan selama 3 hari dan setiap hari kita akan diskusi bermacam macam. Kita ingin seluruh Indonesia bisa melakukan kegiatan tidak hanya acara ceremonial, tetapi menampilkan karya teman-teman penyandang disabilitas yang tidak kalah dengan teman-teman lainnya," jelas Mensos Risma. (A-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

9,9 Juta Lansia Terproteksi Vaksin Covid-19 Dua Dosis

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 09:18 WIB
Sebanyak 15.293.753 lansia telah menerima vaksin dosis pertama. Jumlah itu sama dengan 70,96 persen dari target vaksinasi...
Ist

Youtuber dengan 10 Ribu Subcriber Miliki Jalur Khusus Masuk UPN Veteran

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 06:00 WIB
Calon mahasiswa dengan prestasi di bidang olimpiade sains, olahraga, dan seni dalam tiga tahun terakhir dapat kemudahan masuk program studi...
Antara

Kasus Positif di Kaltim Bertambah 14 Orang

👤Ant 🕔Jumat 21 Januari 2022, 23:31 WIB
Sedangkan tambahan satu kasus kesembuhan terjadi di wilayah Kutai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya