Kamis 25 November 2021, 13:20 WIB

HGN 2021, Nadiem: Pandemi Tidak Padamkan Semangat Para Guru

Faustinus Nua | Humaniora
HGN 2021, Nadiem: Pandemi Tidak Padamkan Semangat Para Guru

ANTARA/ ABRIAWAN ABHE
Seorang guru mengajar siswa dan siswi pada pembelajaran tatap muka di SMA Negeri 1, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (1/11/2021)

 

HARI Guru Nasional (HGN) 2021 yang dirayakan hari ini, Kamis (25/11) merupakan suatu bentuk penghargaan atas jasa para guru dalam mendidik generasi bangsa. Para guru menjadi ujung tombak dunia pendidikan Indonesia untuk menjalankan amanah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek),  Nadiem Makarim mengapresiasi semangat dan pengorbanan para guru. Bahkan, di tengah pandemi para guru tetap memberikan pelayanan terbaik kepada anak-anak Indonesia.

"Saya baru menyadari bahwa pandemi ini tidak memadamkan semangat para guru, tapi justru menyalakan obor perubahan,. Merdeka Belajar ini sekarang milik anda," ujarnya saat memimpin upacara HGN 2021 di Gedung Kemendikbud-Ristek, Kamis (25/11).

Baca juga: Survei FSGI: Rapor Kinerja 2 Tahun Nadiem Dinilai Baik

Menurut Nadiem, para guru megharapkan adanya perubahan, termasuk soal kesejahteraan mereka. Guru se-Indonesia juga menginginkan akses terhadap teknologi dan pelatihan yang relevan dan praktis untuk meningkakan kualitas mereka.

Guru seluruh Indonesia juga menginginkan kurikulum yang sederhana dan bisa mengakomodasi kemampuan dan bakat setiap murid yang berbeda-beda.  "Guru se-Indonesia pun menginginkan pemimpin-pemimpin sekolah mereka untuk berpihak kepada murid, bukan pada birokrasi," tambahnya.

Guru se-Indonesia, lanjutnya, ingin adanya kemerdekaan untuk berinovasi tanpa dijajah oleh keseragaman. Lantas, Kemendikbud-Ristek sangat terbuka untuk menerima berbagai masukan tersebut. Hadirnya Merdeka Belajar membuka kesempatan bagi para guru untuk lebih berinovasi.

"Sejak pertama kali kami cetuskan, sekarang Merdeka Belajar sudah berubah dari sebuah kebijakan menjadi suatu gerakan. Contohnya, penyederhanaan kurikulum sebagai salah satu kebijakan Merdeka Belajar berhasil melahirkan ribuan inovasi pembelajaran. Gerakan ini makin kuat karena ujian yang kita hadapi bersama," ucapnya.

Baca juga: Raih People of The Year 2021, Nadiem Dedikasikan untuk Para Guru

Merdeka Belajar telah berhasil membangun inovasi di dunia pendidikan. Setelah hampir dua tahun berjalan, gerakan itu semakin kuat dan tidak bisa dibendung lagi.

"Gerakan ini tidak bisa dibendung atau diputarbalikkan, karena gerakan ini hidup dalam setiap insan guru yang punya keberanian untuk melangkah ke depan menuju satu tujuan utama, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa," tutur Nadiem.

Untuk itu, dia mengatakan bahwa Kemendikbud-Ristek akan terus menghadirkan berbagai program untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan lewat Merdeka Belajar. Dirinya tidak akan menyerah dalam memperjuangkan Merdeka Belajar demi mencapai masa depan dunia pendidikan Indonesia yang lebih baik. (H-3)

Baca Juga

Dok/Metro TV

Manfaat Satelit Satria untuk Kemajuan Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Desember 2021, 09:09 WIB
Satelit SATRIA sudah memasuki tahapan konstruksi dan akan menjadi satelit terbesar di Tanah...
Dok.Ist

Covid-19 Melemahkan Respon Terhadap AIDS, Ancaman Kematian Mengintai

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Desember 2021, 09:05 WIB
Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, isu HIV AIDS tidak boleh luput dari perhatian sehingga capaian Indonesia akan lebih baik...
Pexels

Pilih Protein yang Tepat Agar Tetap Sehat Saat Liburan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 01 Desember 2021, 08:30 WIB
Protein sangatlah penting untuk penerapan gaya hidup sehat, karena protein merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya