Jumat 19 November 2021, 08:00 WIB

Memahami Sistem Pencernaan Bisa Berpengaruh Pada Kondisi Tubuh

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Memahami Sistem Pencernaan Bisa Berpengaruh Pada Kondisi Tubuh

scienceabc.com
Ilustrasi

 

Memahami sistem gastrointestinal atau pencernaan sangat penting karena sistem ini berfungsi untuk menyediakan kecukupan nutrisi bagi tubuh.

"Pencernaan merupakan salah satu jalan utama apa yang terjadi di saluran pencernaan ini akan mempengaruhi proses berikutnya," kata Dosen FKKMK UGM sekaligus Pakar Biokimia Gizi, Neutrigenomik, dan Teknik Riset Prof Dr Sunarti dalam Bedah Buku Comprehensive Biomedical Sciences : Sistem Gastrointestinal Hepatobilier, Pankreas secara daring, Kamis (18//11).

Permasalahan pencernaan sangat banyak ditemukan di tengah-tengah masyarakat baik keluhan mual, diare, muntah, nyeri perut dan lainnya.

Selain itu dalam proses gastrointestinal juga melibatkan organ lain seperti pankreas, empedu, dan lainnya sehingga ada mekanisme yang perlu dipahami oleh masyarakat.

Dalam mekanisme gastrointestinal terdapat dua hal yakni mekanisme secara mekanik dan kimiawi. Dalam pencernaan secara mekanik mengubah ukuran makanan agar lebih kecil dengan cara mengunyah, memompa, menelan, dan sebagainya sehingga membutuhkan organ lain seperti lidah, gigi, mulut, tenggorokan dan lainnya.

Sedangkan mekanisme secara kimiawi yang melibatkan enzim untuk mengubah partikel makanan mampu diserap oleh tubuh. "Kimiawi yang melibatkan enzim tentu tidak terlepas dari pelibatan enzim garam empedu sehingga ini merupakan proses yang melibatkan organ," ujarnya.

Sunarti menegaskan sehingga pemahaman secara komperhensif ini sangat penting sekali kalau kita hanya memahami setengah saja maka memahaminya juga setengah. "Jadi pada prinsipnya apa yang terjadi pada sistem pencernaan ini melibatkan organ yang mengatur dan melibatkan senyawa lain. Dan apabila terjadi suatu yang tidak normal maka akan menyebabkan suatu yang bersifat klinis," ungkap Sunarti. (OL-12)

Baca Juga

Ilustrasi

Kemenkes : Pasien Hepatitis Akut Bertambah 1 Orang

👤M. Iqbal AL Machmudi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:00 WIB
"Per tanggal 21 Mei 2022 Pukul 16.00 WIB 1 probable, 13 pending classification, dan 0 pasien epi-linked. Ada pun status pasien 4...
AFP/DIMITAR DILKOFF

BMKG: Waspada Potensi Potensi Kebakaran Hutan dan Lahan di Manggarai Barat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:39 WIB
BMKG pun memprakirakan puncak musim kemarau akan terjadi di bulan Agustus...
DOK/HUMAS UPI

Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Kukuhkan 7 Guru Besar Baru

👤Naviandri 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 18:50 WIB
Rektor UPI meminta ke 7 guru besar baru itu untuk terus berkreasi dan berbuat untuk kemajuan generasi muda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya