Selasa 09 November 2021, 20:22 WIB

Vaksin Anak Usia 3 Tahun, Satgas: Tunggu EUA dari Badan POM 

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Vaksin Anak Usia 3 Tahun, Satgas: Tunggu EUA dari Badan POM 

Antara/Adiwinata Solihim
Tenaga kesehatan menyiapkan suntikan vaksin Covid-19

 

BADAN Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sedang menunggu kelengkapan data keamanan dari vaksin Sinovac untuk diberikan kepada kelompok usia 3 tahun hingga kandidat vaksin untuk usia anak tersebut di Indonesia. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut pada prinsipnya sebelum bisa divaksinasi maka setiap produksi vaksin harus mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan POM. 

"Untuk itu mohon kepada seluruh masyarakat dan media untuk menunggu dan terus memantau pemberian EUA dari Badan POM pada setiap jenis vaksin dan target populasi spesifiknya," ujarnya. 

Baca juga : Cegah Masuknya Varian Covid-19 AY.42, Pemerintah Perketat Pintu Masuk 

Sebelumnya Kepala BPOM RI Penny K Lukito mengaku pihaknya menunggu kelengkapan data keamanan Vaksin Sinovac agar dapat diberikan kepada kelompok usia 3 tahun ke atas di Indonesia. 

"Untuk Vaksin Sinovac juga kami sedang menunggu data lebih lengkap lagi untuk bisa diberikan pada anak usia 3 tahun ke atas karena memang usia tersebut lebih rentan, jadi membutuhkan data yang lebih lengkap lagi untuk aspek keamanannya," jelasnya. 

Namun demikian Badan POM telah mengeluarkan Izin Penggunaan Darurat (Emergency Use Authorization/EUA) untuk penggunaan Sinovac bagi kelompok usia 6 - 11 tahun. Selain Sinovac, vaksin merk lain seperti Sinopharm dan Pfizer juga sedang berproses untuk menerbitkan izin penggunaan darurat (EUA). (OL-7)

Baca Juga

dok.ist

Pengabdian Masyarakat STIH Iblam Jakarta Perkuat Jaminan Kesejahteraan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 26 Januari 2022, 05:59 WIB
STIH IBLAM bekerjasama dengan Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Kramat Jati Jakarta, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk...
Antara

2.957 Pasien Korona Dirawat di Wisma Atlet kemayoran

👤Ant 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:39 WIB
Aris menjelaskan jumlah pasien dalam perawatan pada Senin (24/1) sebanyak 2.862...
Dok MI

Susu Sapi Penting untuk Cegah Stunting pada Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:04 WIB
Produk susu merupakan salah satu protein hewani yang dinilai paling efektif dalam menurunkan risiko stunting, dibandingkan dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya