Selasa 09 November 2021, 16:10 WIB

DPR Kecam Glorifikasi Pelaku Pedofilia di Ruang Publik

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
DPR Kecam Glorifikasi Pelaku Pedofilia di Ruang Publik

Istimewa
Ilustrasi

 

PEDANGDUT yang juga mantan narapidana kasus pencabulan anak, Saipul Jamil melaporkan psikolog Lita Gading ke Polda Metro Jaya, Jakarta, atas tudingan pencemaran nama baik karena Lita menyebut Saipul Jamil sebagai pedofil dan predator seks.

Legislator dari Fraksi NasDem Muhammad Farhan menyayangkan adanya ruang glorifikasi pada eks pelaku pencabulan.

"Saya tidak akan memasalahkan masalah hukum menyangkut pelaporan terhadap Psikolog LG. Tapi justru yang mengkhawatirkan adalah narasi dari pengacara Farhat Abas dan Saipul Jamil yang menyatakan bahwa pelaku kejahatan seksual bisa bebas bergerak melakukan tuntutan hukum pada sebuah fakta yang dipaparkan oleh seorang ahli dan tuntutan agar Saipul Jamil diberi hak mendapatkan pekerjaan di media nasional, dengan eksposur yang luas," kata Farhan kepada Media Indonesia, Selasa (9/11).

Ia menegaskan, pelaku pedofilia atau pedofil bukan sebuah cap atau stigma, tapi sebuah sanksi sosial atas penyimpangan seksual pelaku yang menyebabkan rusaknya fisik dan mental seorang anak di bawah umur sehingga mengancam masa depannya.

"Pelaku pedofilia seharusnya berada di bawah pengawasan masyarakat dan institusi berwenang, memastikan agar tidak mendapatkan glorifikasi dan kesan heroic," ujar Farhan.

Pembinaan dan pemulihan pelaku pedofilia harus dibuktikan lewat kerja sosial di bawah pengawasan Kementerian Sosial atau dinas sosial, bukan tampil di depan publik seperti melecehkan nilai luhur bangsa Indonesia dan menginjak-injak moral bangsa.

"Kita bangsa Indonesia harus bergandengan tangan menentang narasi yang dibangun untuk glorifikasi pelaku pedofilia demi menjaga nilai-nilai luhur bangsa, moralitas yang berketuhanan dan tegasnya hukum di Indonesia," ujarnya.

"Selain itu pelaku pedofilia juga harus menunjukkan tanggung jawab kepada korban dengan membayarkan sejumlah restitusi yang besar bagi korban," pungkasnya. (H-2)

Baca Juga

Antara

2.957 Pasien Korona Dirawat di Wisma Atlet kemayoran

👤Ant 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:39 WIB
Aris menjelaskan jumlah pasien dalam perawatan pada Senin (24/1) sebanyak 2.862...
Dok MI

Susu Sapi Penting untuk Cegah Stunting pada Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:04 WIB
Produk susu merupakan salah satu protein hewani yang dinilai paling efektif dalam menurunkan risiko stunting, dibandingkan dengan...
Ilustrasi

Ini Pentingnya Yodium buat Ibu Hamil

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 22:55 WIB
yodium adalah mineral yang berhubungan dengan hormon tiroid yang mempengaruhi proses dan perkembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya