Rabu 27 Oktober 2021, 10:19 WIB

Akhir Tahun, Kemenag Upayakan Pemberangkatan Jemaah Umrah

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Akhir Tahun, Kemenag Upayakan Pemberangkatan Jemaah Umrah

AFP/AMER HILABI
Jemaah umrah tiba di King Abdulaziz International Airport, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (15/8/2021)

 

KEPASTIAN calon jemaah umrah asal Indonesia berangkat ke tanah suci Mekah sudah di depan mata. Memasuki akhir tahun 2021, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Hilman Latief mengatakan akan berusaha memberangkatkan jemaah Indonesia untuk melaksanakan umrah.

"Nah itu hanya Allah yang tahu, kita berusaha saja," ungkapnya usai mengadakan audiensi dengan Kesatuan Tour Travel Haji Dan Umrah Republik Indonesia, Selasa (26/10).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, keputusan pemberian kaitan masih menunggu kesepakatan antara Kementerian Kesehatan Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi terkait vaksinasi. Kendati demikian, secara teknis pemberangkatan pihaknya berkoordinasi dengan penyelenggara Perjalanan Ibadah haji dan Umrah sudah siap untuk memberangkatkan tim advance terlebih dahulu.

Baca juga: Palapa Ring Integrasi Tingkatkan Utilitas Tol Langit

"Baik dari pemerintah maupun swasta yang berperan penting dalam penyelenggaraan haji, Indonesia tidak akan lama lagi akan diperbolehkan, masalah teknis yang harus kita tuntaskan karena jangan sampai kita berakngkatkan masih ada problem teknis khususnya untuk, umrah," jelasnya.

Terkait vaksinasi dan teknis persyaratan kesehatan, Hilman berharap ada keputusan baik dari Kemenkes RI. Ia mengatakan, jemaah umroh bisa lebih banyak mendapatkan kemudahan sementara untuk vaksin dosis 2 yang telah diberikan para jemaah bisa diterima oleh Arab Saudi, tanpa booster.

"Pemerintah, Kemenag dan Kemenkes terus berkoordinasi dengan otoritas saudi agar vaksin yang sudah kita miliki bisa diakui, kita berharap dan bukan lagi mengejar lagi suntikan ketiga (booster), kalau bisa tanpa itu itu lebih baik," tegasnya.

Sementara itu, Sekjen Kesthuri, Artha Hanif mengatakan para penyelenggara dan asosiasi telah siap untuk memberangkatkan tim ke arab Saudi untuk mengetahui secara detail persyaratan masuk hingga kepulangan ke tanah air.

"Kita sudah siap, dan memang rencana kita ketika pertama kali diizinkan ke arab Saudi, kita (swasta) dan Pemerintah menjadi kelompok pertama yang berangkat kesana, dan ketika sudah sampai tanah air kita akan menjelaskan kepada calon jemaah umrah Indonesia," ungkapnya.

"segala persyaratan siap, namun untuk vaksin semoga pemerintah Arab dan Pemerintah Indonesia khususnya Kemenkes bisa sepakat terkait hal tersebut, insyaallah," pungkasnya. (H-3)

Baca Juga

Dok. pribadi

Pakar : Asal Tidak Berlebihan, MSG Aman Dikonsumsi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:38 WIB
"Melalui peraturan no.23 MSG dinyatakan aman dikonsumsi sebagai bahan penguat rasa, dengan penggunaan secukupnya dan tidak...
Antara/Akbar Nugorho Gumay

Sandiaga Dorong Kolaborasi dengan UT untuk Tingkatkan Sektor Pariwisata 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:18 WIB
"Saya ingin mengajak UT untuk meningkatkan kecakapan dan kompetensi para pekerja di sektor pariwisata, ekonomi dan kreatif dalam...
Dok. Pahamifi

Gelar Parents Week 2021, Pahamify Dampingi Orang Tua Maksimalkan Potensi Anak di Masa Pandemi 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:01 WIB
Sebanyak 44,4% ibu dan 38,5% ayah menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan anak-anak mereka dibandingkan dengan sebelum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya