Senin 04 Oktober 2021, 13:07 WIB

Satuan Pendidikan Vokasi Hasilkan Lebih Dari 400 Produk Budaya

Faustinus Nua | Humaniora
Satuan Pendidikan Vokasi Hasilkan Lebih Dari 400 Produk Budaya

Antara
Ilustrasi

 

KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) melalui Direktorat Jenderal Vokasi melaporkan lebih dari 400 produk yang dihasilkan satuan pendidikan vokasi merupakan produk berbasis kebudayaan. Produk tersebut merupakan hasil inovasi dan kreasi seperti batik, wastra atau kain lokal dan lainnya.

"Ditjen Vokasi telah mengkurasi dari produk-produk satuan pendidikan vokasi di mana sampai saat ini kami telah menemukan data lebih dari 400 produk (budaya)," ujar Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Ditjen Vokasi, Saryadi dalam webinar pada Senin (4/10).

Saryadi mengatakan bahwa produk-produk tersebut dikurasi Kemendikbud-Ristek bersama Garuda Indonesia untum dipromosikan lebih lanjut. Produk tersebut pun didorong untuk bergabung dalam platform-platform e-commerce.

Baca juga : Umat Islam Diharapkan Segera Beradaptasi dengan Revolusi 4.0

Adapun, produk budaya seperti batik cukup banyak dihasilkan oleh satuan pendidikan vokasi. "Dari 400 produk dihasilkan oleh satuan pendisiak vokasi cukup banyak produk batik yang tentunya akan memperkaya budaya batik yang saat ini sudah sangat berkembang," imbuhnya.

Saryadi menambahkan bahwa selain produk batik, Kemendikbud-Ristek juga tengah fokus untuk mempromosikan wastra atau kain daerah lokal. Artinya poduk budaya atau kain dari seluruh daerah di Indonesia bisa dilestraikan dan ditingkatkan nilai ekonominya.

Untuk mendukung semua program, saat ini di lingkungan Ditjen Vokasi terdapat lebih dari 2300 perguruan tinggi (PT) penyelenggara pendidikan vokasi, lebih dari 14.000 SMK, lebih dari 17.000 lebaga kursus dan pelatihan. Dari jumlah tersebut, terdapat banyak satuan pendidikan vokasi seperti SMK atau PT yang memiliki konektivitas dengan pengembangab budaya seperti batik dan wastra.(OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Teguh Prihatna

PAPDI Imbau Masyarakat Jangan Ragu untuk Vaksin Booster

👤 Atalya Puspa 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 10:27 WIB
Prof.Samsuridjal  mengungkapkan, masyarakat tidak perlu ragu dan takut dalam menjalani vaksinasi booster sesuai dengan...
ANTARA/Fakhri Hermansyah

PAPDI Minta Warga tidak Ragu dan Takut Dapatkan Dosis Booster Vaksin Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 07:00 WIB
PAPDI juga meminta semua bidang dan sektor yang terlibat dalam program vaksinasi covid-19 juga turut memantau efektifitas dan keamanan...
Ist

Buat Film Dokumenter Inspiratif Butuh Riset Serius dan Panjang

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:05 WIB
Dr. IGP Wiranegara, M.Sn mengatakan jika merekam kehidupan manusia atau tokoh, upayakan kita tahu betul kiprah sang tokoh, sehingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya