Kamis 23 September 2021, 20:48 WIB

PGRI Pastikan tidak Ada Pelemahan Prokes Selama PTM

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
PGRI Pastikan tidak Ada Pelemahan Prokes Selama PTM

MI/Ramdani
Siswa SMA di Bogor, Jawa Barat, mengikuti pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid-19.

 

PERSATUAN Guru Republik Indonesia (PGRI) menyoroti pola pengawasan pada penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Sekaligus, memastikan tidak ada pelemahan protokol kesehatan dalam proses pembelajaran. 

Akan tetapi, ada keterbatasan dari sekolah terkait pengawasan setelah PTM selesai. Hal ini pun menjadi bahan evaluasi. "Saya melihat beberapa sekolah mulai ada sebuah koordinasi yang baik terkait pengawasan siswa," ujar Wakil Sekjen PGRI Dudung Abdul Qodir saat dihubungi, Kamis (23/9).

"Namun, lagi-lagi memang keterbatasan pihak sekolah. Saat pulang ini harus diedukasi terus menerus dari guru dan orang tua," imbuhnya.

Baca juga: 2,77% Sekolah Pelaksana PTM Timbulkan Klaster Covid-19

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa orang tua siswa seharusnya tidak memberi kesempatan kepada anaknya untuk mampir, jajan, atau berkerumun di masa pandemi covid-19.

"Kita harus mengingatkan sekali lagi. Protokol kesehatan terkait memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kalau tidak terlalu penting, jangan keluar rumah," pungkas Dudung.

Baca juga: Kasus Covid-19 di RI Turun, Wapres: Vaksinasi Digencarkan

"Di pemberitaan juga jelas, bahwa penularan terjadi tidak di sekolah, tapi karena anaknya dibawa jalan ke mal, tempat wisata, pesta dan akhirnya anaknya positif," sambung dia.

Melalui edukasi dan sosialisasi yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 terhadap orang tua siswa dan sekolah, pihaknya optimistis PTM akan berjalan kondusif. Selain itu, pengawasan dari pemerintah daerah hingga guru juga perlu ditingkatkan.

Diketahui, sebanyak 1.301 sekolah di Indonesia menjadi klaster covid-19 selama pelaksanaan PTM. Jumlah itu sekitar 2,8% dari total sekolah yang sudah memulai PTM terbatas, yakni 46 ribu sekolah di semua jenjang.(OL-11)

 

 

 

Baca Juga

Antara

Kebakaran 29 Hektare Lahan di Sumsel Berhasil Dipadamkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 12:43 WIB
Kebakaran lahan terjadi di Desa Pulau Semambu seluas 14 Ha dan Palem Raya Kecamatan Indralaya Utara seluas 15 Ha pada Senin (25/10) sejak...
Antara

Jokowi Minta Kepala Daerah Atur Libur Natal dan Tahun Baru dengan Baik

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 12:40 WIB
Berdasarkan pengalaman sebelumnya menyebabkan peningkatan penyebaran Covid-19 yang tidak...
Ist/KLHK

Kolaborasi Forest Power Tiga Negara untuk Aksi Iklim

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 12:38 WIB
Indonesia, Brasil dan Republik Demokratik Congo (IBC), menyamakan persepsi dan menyatukan sumber daya menuju gelaran Konferensi Perubahan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya