Kamis 23 September 2021, 14:08 WIB

Kasus Covid-19 di RI Turun, Wapres: Vaksinasi Digencarkan

Indriyani Astuti | Humaniora
Kasus Covid-19 di RI Turun, Wapres: Vaksinasi Digencarkan

Dok. Setwapres RI
Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam sesi wawancara melalui telekonferensi.

 

MESKI secara nasional jumlah kasus covid-19 di Tanah Air terus mengalami penurunan, namun pemerintah berupaya untuk mencapai target 208 juta vaksinasi. 

Hal itu ditekankan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Menurutnya, percepatan vaksinasi bertujuan mengantisipasi lonjakan kasus kembali atau gelombang ketiga akibat varian baru covid-19.

“Cara menanganinya (gelombang ketiga), yaitu secara terus menerus tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Pemerintah terus melakukan tracing, testing dan treatment, serta isolasi. Kita terus berupaya mencapai 208 juta orang hingga tercapai herd immunity,” ujar Ma'ruf seusai meninjau sentra vaksinasi, Kamis (23/9).

Baca juga: Wapres Tinjau Vaksinasi Covid-19 untuk Pekerja Media

Terkait vaksinasi covid-19, pemerintah dikatakannya tengah memprioritaskan kalangan lanjut usia (lansia). “Lansia harus cepat diupayakan, karena banyak yang meninggal. Oleh karena itu, lansia segera dilakukan vaksinasi dosis pertama dan kedua. Itu menjadi prioritas,” imbuh Maruf.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menambahkan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan lambatnya vaksinasi lansia adalah kekhawatiran terhadap keamanan vaksin covid-19. Dia menilai perlu adanya pendekatan terhadap lansia soal keamanan vaksinasi.

“Mohon diyakinkan bahwa vaksinasi itu aman. Kalau tidak percaya, lihat Pak Wapres. Beliau divaksin paling awal dan aman," pungkas Budi.

Baca juga: Gunakan Pfizer, RSUD Tangerang Sentra Vaksinasi Pertama untuk Pasien Kanker

Lebih lanjut, Wapres kembali menegaskan Indonesia harus siap menghadapi potensi gelombang ketiga. Mengingat, beberapa negara di dunia sedang berhadapan dengan gelombang ketiga. Pemerintah pun menyiapkan segala fasilitas terkait upaya penanganan.

“Kita juga mempersiapkan rumah sakit, kebutuhan oksigen dan obat-obatan. Untuk antisipasi, karena dunia mengalami (gelombang ketigas). Kita harus siap,” tutur Ma'ruf.

Di samping mengantisipasi lonjakan kasus covid-19, pemerintah juga berupaya mencegah masuknya varian baru ke Indonesia. Itu dengan melakukan pengetatan syarat, baik bagi masyarakat yang berpergian ke luar negeri, maupun warga negara asing yang masuk ke Tanah Air.(OL-11)
 

 

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Luncurkan Program Menara Vokasi, 5 Daerah Jadi Tuan Rumah 

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 07 Desember 2021, 22:55 WIB
Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Industri, Sariadi mengatakan, program inisiasi Ditjen Vokasi itu akan memperkuat...
Dok. Perpusnas

Literasi Jadi Kunci Penting Indonesia Maju 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 22:32 WIB
Literasi berbasis inklusi sosial menjadi kunci penting, karena melalui Perpusnas, perpustakaan di Indonesia kini tak lagi hanya sekedar...
Ist

Modifikasi Gaya Hidup Efektif Cegah Diabetes

👤Eni Kartinah 🕔Selasa 07 Desember 2021, 22:05 WIB
Sebagaimana penyakit lainnya, langkah terbaik yang perlu kita lakukan ialah mencegah diabetes sedari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya