Selasa 14 September 2021, 20:28 WIB

Pasca-Peleburan, Kerja Sama OR BRIN Makin Mudah

Faustinus Nua | Humaniora
Pasca-Peleburan, Kerja Sama OR BRIN Makin Mudah

ANTARA/Dhemas Reviyanto
Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020)

 

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengakui upaya membangun kerja sama antar Organisasi Riset (OR) semakin mudah setelah peleburan. Hal itu akan sangat membantu BRIN dalam mencapai target-target riset ke depan.

"Untuk tahun ini semua OR masih melanjutkan program yang masih berjalan pada tahun anggaran ini. (Kerja sama) justru makin mudah karena sudah tidak ada sekat antar institusi," ungkapnya kepada Media Indonesia, Selasa (14/9).

Untuk riset-riset terkait covid-19, lanjutnya, masih terus berlangsung. BRIN masih memprioritaskan sektor tersebut untuk mempercepat penanganan pandemi saat ini.

Baca jugaIPB Rencanakan PTM Terbatas Dimulai Oktober 2021

"Saat ini masih terus berlangsung. Nanti kalau ada progress yang sudah terkonfirmasi pasti kita sampaikan," tambahnya.

Selin itu, pada Senin (13/9), Handoko juga menyampaikan bahwa BRIN telah menetapkan sebanyak 15 orang pejabat untuk menjadi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Handoko juga mengumumkan pejabat-pejabat yang menempati posisi sebagai koordinator dan subkoordinator dalam setiap unit kerja yang berada di lingkungan Sekretariat Utama BRIN serta para pejabat yang menempati posisi sebagai kepala kantor yang berada dibawah koordinasi BRIN

"BRIN telah melakukan penugasan kepada kuasa pengguna anggaran di lingkungan BRIN sebanyak 15 orang. Ke-15 orang ini akan menjadi KPA dari 59 Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang tersebar di 5 Bagian Anggaran (BA), yaitu BA 042 (Kemenristek/BRIN), BA 079 (LIPI), BA 080 (Batan), BA 081 (BPPT), serta BA 082 (Lapan). Pembagian DIPA yang dilakukan oleh BRIN berdasarkan pada tugas dan fungsi sesuai nomenklatur baru dari setiap struktural maupun Organisasi Riset (OR) yang ada," jelas Handoko.

Ke depan, BRIN masih terus menata oragnisasinya agar dapat bekerja maksimal. Begitu pula dengan integrasi litbang K/L yang tengah dipersiapkan dan ditargetkan tuntas pada tahun 2022 mendatang. (H-3)

Baca Juga

ANTARA/FIKRI YUSUF

Mitigasi Bencana Hidrometeorologi Perlu Dilakukan Secara Menyeluruh

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 19 September 2021, 17:59 WIB
Pemerintah juga telah melakukan berbagai upaya dengan membuat biopori, sumur resaman, penampung air sungai, dan melibatkan masyrakat untuk...
Ist

Cegah Perselisihan, RS dan Pasien Perlu Pahami Hak dan Kewajiban

👤Eni Kartinah 🕔Minggu 19 September 2021, 17:27 WIB
Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan setidaknya ada 20 kewajiban yang harus dilakukan pihak rumah sakit dan tenaga...
ANTARA/RAISAN AL FARISI

Bangun Komunikasi dengan Anak Siapkan Pembelajaran Tatap Muka

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 19 September 2021, 16:50 WIB
Orangtua juga harus melatih dan membiasakan anak untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan menerapkan pola hidup sehat di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya