Sabtu 04 September 2021, 19:00 WIB

Kemenkes Jamin Aplikasi PeduliLindungi Tetap Aman

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kemenkes Jamin Aplikasi PeduliLindungi Tetap Aman

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/
Aplikasi PeduliLindungi

 

KEPALA Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati mengatakan data masyarakat yang ada di sistem electronic Health Alert Card (e-HAC) dalam PeduliLindungi dalam perlindungan.

Perbaikan sistem keamanan telah dilakukan dalam aplikasi PeduliLindungi. Selain itu data tersebut tidak mengalir ke platform mitra atau pihak ketiga.

"Kerentanan pada sistem e-HAC yang lama yang tidak terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi," kata Widyawati saat dihubungi, Sabtu (4/9).

Sebelumnya, adanya informasi kerentanan pada platform mitra e-HAC yang dilaporkan oleh VPN Mentor dan telah diverifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) diterima oleh Kemenkes pada tanggal 23 Agustus 2021," ujarnya.

Kemudian Kementerian Kesehatan melakukan penelusuran dan menemukan kerentanan tersebut pada platform mitra, Kemenkes pun langsung melakukan tindakan dan dilakukan perbaikan-perbaikan pada sistem tersebut.

"Kemenkes telah meminta masyarakat untuk menghapus/ uninstall aplikasi e-HAC dan meminta untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang sudah mengintegrasikan e-HAC di dalamnya" pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya