Kamis 19 Agustus 2021, 15:30 WIB

Kemendikbud-Ristek Luncurkan 4 Inovasi Layanan Terintegrasi

Faustinus Nua | Humaniora
Kemendikbud-Ristek Luncurkan 4 Inovasi Layanan Terintegrasi

Istimewa
Ilustrasi

 

KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) meluncurkan 4 inovasi sistem layanan terintegrasi bagi para dosen.

"Inovasi tersebut akan mempermudah dan meringankan beban administrasi dosen di perguruan tinggi," Direktur Sumber Daya Ditjen Diktiristek, Mohammad Sofwan Effendi, Kamis (19/8).

Keempat inovasi itu ialah laman PAK (penilaian angka kredit,) yang didesain lebih interaktif, Selancar PAK Mobile, SISTER BKD, dan API Portofolio SISTER.

"Ini merupakan langkah awal dalam manajemen transformasi sumber daya manusia di jenjang pendidikan tinggi,” ungkap Mohammad Sofwan.

Dijelaskannya, layanan terintegrasi tersebut berorientasi pada dua poros perubahan, yakni substansi dan tata kelola. Substansi yang dimaksud adalah mengintegrasikan semua aturan terkait karier dan kompetensi dosen, sedangkan tata kelola melalui inovasi layanan yang akan mengurangi beban administrasi.

"Kesemuanya itu, seluruh inovasi tadi dalam rangka meningkatkan layanan dalam transformasi SDM di pendidikan tinggi. Ini dapat mengurangi beban administrasi dosen, sehingga para dosen lebih fokus pada tridharma perguruan tinggi," imbuhnya.

Lebih lanjut, Mohammad mengatakan bahwa inovasi tersebut bisa dimanfaatkan oleh semua dosen di Tanah. Baik dosen perguruan tinggi negeri maupun swasta dan vokasi bisa mengakses leyanan tersebut.

Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Prof Nizam, mengatakan peluncuran tersebut merupakan bagian dari komitmen Diktiristek. Pihaknya terus melakukan transformasi dalam memberikan layanan maksimal di pendidikan tinggi.

Hal itu pun sejalan dengan geraka Kampus Merdeka, para dosen lebih bebas dan fokus pada pengajaran. Semua kendala administrasi yang mengurangi efektivitas kerja dosen kini telah dipangkas dalam platform yang terintegrasi.

"Sistem ini akan mengurangi administrasi dosen yang cukup ribet. Sehingga upaya mengimplementasikan tridharma perguruan tinggi lebih optimal," tandasnya.(H-2)

Baca Juga

Dok. Kemenag

Wamenag: Santri Abad 21 Harus Melek Literasi Digital 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 01:04 WIB
“Santri abad ke-21 harus memiliki keterampilan literasi digital (digital literacy), di samping literasi baca tulis, literasi...
Dok. UNJ

UNJ Gelar Sarasehan Bahas Polemik tentang Statuta Baru Pemberian Gelar Kehormatan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 01:02 WIB
Rektor UNJ Komarudin mengatakan, setelah sempat ramai di media massa, pada kesempatan sarasehan itu, ia mengajak semua duduk bersama dalam...
Antara

Pemprov DKI Klaim Kesiapan Hadapi Hidrometeorologi

👤Ant 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 23:48 WIB
BMKG memberikan peringatan bahwa bencana hidrometeorologi akan datang lebih awal di akhir...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya