Senin 16 Agustus 2021, 14:40 WIB

Presiden Apresiasi Lembaga Negara yang Ikut Tangani Pandemi Covid-19

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden Apresiasi Lembaga Negara yang Ikut Tangani Pandemi Covid-19

Antara
Presiden Jokowi mengepalkan tangan saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR 2021.

 

PRESIDEN Joko Widodo memberikan apresiasi kepada sejumlah lembaga negara atas dukungan dalam penanganan pandemi covid-19. Kerja cerdas dan sinergi antarlembaga negara dinilai menjadi salah satu kunci untuk menghadapi masa krisis.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada lembaga-lembaga negara, juga kepada Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan, Komisi Pemberantasan Korupsi, dan Ombudsman Republik Indonesia," ujar Jokowi, sapaan akrabnya, dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Senin (16/8). 

"Termasuk, Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilihan Umum, atas dukungannya yang konsisten dan produktif selama ini," imbuhnya.

Baca juga: Jokowi Minta Rakyat Jangan Bosan Kritik Pemerintah

Menurut Kepala Negara, MPR RI dengan program Empat Pilar, terus konsisten memperkokoh ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Demikian pula dengan DPR RI, yang telah bekerja keras dan bersinergi bersama pemerintah untuk membangun fondasi hukum bagi penanganan covid-19.

"Selain penanganan masalah kesehatan, DPR bersama pemerintah berhasil menyelesaikan UU Cipta Kerja, yang merupakan omnibus law pertama di Indonesia. Itu menjadi pilar utama reformasi struktural di negara kita," papar Presiden.

Mantan wali kota Solo itu juga mengapresiasi DPD RI, yang terlibat aktif dalam pembahasan rancangan undang-undan. Serta, memberikan kontribusi dalam penanganan pandemi, sekaligus dalam perbaikan kelembagaan pemerintahan daerah di masa mendatang.

Di tengah kebutuhan pemerintah untuk bertindak cepat, inovasi pemeriksaan yang dilakukan BPK RI juga turut diapresiasi. Peran pemeriksaan yang dilakukan BPK dalam situasi pandemi covid-19, lanjut dia, dengan beberapa penyesuaian dari standar situasi normal.

Baca juga: Ketua MPR Sampaikan Wacana Vaksinasi Ideologi, Apa Itu?

"Inovasi BPK untuk mewujudkan akuntabilitas untuk semua di negara kita patut untuk dihargai. Saya mengapresiasi upaya BPK untuk memberikan informasi temuan pemeriksaan, agar ditindaklanjuti oleh pemerintah, baik di pusat maupun di daerah," tutur Jokowi.

Pujian juga disampaikan kepada lembaga pelayanan peradilan yang terus berinovasi di masa pandemi. Menurutnya, proses administrasi dan persidangan perkara di Mahkamah Agung secara elektronik mampu mempercepat penanganan perkara. 

Bahkan, Mahkamah Konstitusi juga menggelar persidangan melalui daring, sehingga mmpu menyelesaikan perkara secara tepat waktu, transparan dan akuntabel. "Komisi Yudisial juga harus tetap produktif di era pandemi. Baik dalam seleksi calon hakim agung, menangani laporan masyarakat, pemantauan perkara persidangan, serta pelanggaran kode etik hakim," katanya.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

BMKG Catat Terdapat Peningkatan Aktivitas Gempa pada November

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 12:00 WIB
Gempa signifikan dengan magnitudo di atas 5,0 (M>5,0) terjadi sebanyak 11 kali atau mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan...
ANTARA/ARIF FIRMANSYAH

Pemerintah Komitmen Pertajam Isu Strategis Disabilitas dan Lansia

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 11:35 WIB
Individu penyandang disabilitas di Indonesia menghadapi risiko finansial yang cukup signifikan dan selain itu menjadi tua di Indonesia juga...
Dok. Instagram Sanggar Senja Cibinong

Sanggar Senja Perjuangkan Pendidikan dan Identitas Anak-Anak Jalanan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 11:16 WIB
Yayasan Sanggar Senja Cibinong adalah tempat berkumpulnya anak-anak jalanan yang terbuang dan kaum marjinal yang dibantu dalam bentuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya