Selasa 03 Agustus 2021, 16:07 WIB

RI Kembali Terima Pasokan Vaksin Covid-19 Sinopharm

Atalya Puspa | Humaniora
RI Kembali Terima Pasokan Vaksin Covid-19 Sinopharm

Antara
Pekerja memeriksa kontainer berisi vaksin covid-19 Sinopharm di terminal kargo Bandara Soekarno Hatta.

 

PADA Selasa (3/8) ini, Indonesia kembali kedatangan vaksin covid-19 untuk tahap ke-34. Vaksin covid-19 sebanyak 500 ribu dosis merupakan produksi Sinopharm. 

Sebelumnya, pemerintah sudah menerima 7,75 juta dosis vaksin Sinopharm. Dari jumlah tersebut, 7 juta dosis untuk vaksinasi gotong royong dan 750 ribu berasal dari hibah yang tidak digunakan untuk vaksinasi gotong royong.

"Dengan kedatangan kali ini, ada lebih dari 8 juta dosis vaksin Sinopharm yang diterima Indonesia," ujar Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury, Selasa (3/8).

Baca juga: Kejar Target Izin Penggunaan Darurat untuk Vaksin Merah Putih

Pahala menyebut ini bagian dari kontrak pasokan vaksin covid-19 antara Kimia Farma-Bio Farma dan Sinopharm sebesar 15 juta dosis vaksin untuk kebutuhan vaksinasi gotong royong.

"Vaksinasi gotong royong merupakan opsi tambahan mengakses vaksin bagi karyawan dan keluarga. Untuk mendukung tercapainya target vaksinasi nasional 2 juta per hari," jelas Pahala.

Lebih lanjut, dia mengingatkan masyarakat agar tidak ragu divaksin covid-19. Sebab, vaksin dapat mengurangi risiko sakit berat, jika terpapar virus korona yang terus bermutasi. Selain vaksinasi, masyarakat juga harus disiplin protokol kesehatan dan mematuhi kebijakan pemerintah untuk menekan laju penularan covid-19.

Baca juga: Stabil, Syarat Pasien Sakit Jantung untuk Bisa Divaksin Covid-19

Menyoroti distribusi vaksin yang diserahkan kepada Bio Farma, hingga akhir Juli 2021, perusahaan telah mendistribusikan 85 juta dosis vaksin ke seluruh wilayah. Bio Farma juga meningkatkan kapasitas produksi pengolahan untuk vaksin bulk yang diterima Indonesia. 

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Shinta Kamdani mengatakan pihaknya mendukung program vaksinasi pemerintah. Termasuk, pelaksanaan vaksinasi gotong royong, pengadaan rumah oksigen, hingga obat-obatan. Menurutnya, pasokan vaksin sudah jauh mencukupi bagi perusahaan yang ingin berpartisipasi.

"Kami akan mengoptimalkan dukungan dan peran serta asosiasi dan Kadin di daerah. Kami juga menegaskan dukungan terhadap langkah dan kebijakan pemerintah dalam penanganan covid-19, termasuk PPKM," tutur Shinta(OL-11)

Baca Juga

Setwapres

Wapres Dorong NU Terdepan Atasi Persoalan Sosial

👤Ant 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:49 WIB
Ma'ruf Amin menjelaskan saat ini umat tengah dihadapkan pada perkembangan teknologi informasi yang memiliki dua...
Dok. Universitas Pancasila

Gandeng Universitas Cenderawasih, Universitas Pancasila Jalin Kolaborasi di Bidang Olahraga dan Akademik 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:45 WIB
Adanya kolaborasi ini memberi kesempatan kepada kedua kampus untuk bisa melakukan pertukaran mahasiswa dan...
Dok. Kalbis Institute

Kalbis Institute Luncurkan Program Management in Family Bussiness 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:36 WIB
Program itu bertujuan untuk bisa menjadi jembatan bagi seluruh mahsiswa agar bisa melanjutkan serta mengembangkan usaha yang telah dirintis...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya