Kamis 15 Juli 2021, 11:00 WIB

Ivermectin Dapat Izin BPOM Jadi Obat Terapi Pasien Covid-19

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Ivermectin Dapat Izin BPOM Jadi Obat Terapi Pasien Covid-19

AFP/ Luis Robayo
IVERMECTIN: Seorang petugas menunjukkan ivermectin yang kini sudah dapat EUA dari Badan POM sebagai obat pendukung bagi pasien covid-19

 

IVERMECTIN yang selama ini di dunia medis sebagai obat cacing (parasit) resmi mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) untuk dijadikan obat terapi bagi pasien covid-19.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran No PW.01.10.3.34.07.21.07 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Distribusi Obat dengan Persetujuan Penggunaan Darurat (Emergency Use Authorization). Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan keluarnya izin dari BPOM diharapkan bisa memberikan terobosan-terobosan baru untuk pengobatan terapi covid-19.

"Kita selalu sepakat proses harus dilalui termasuk untuk obat terapi ini, jadi kita juga mengetahui bahwa Menteri BUMN Erick Thohir sempat mengirimkan surat untuk meminta persetujuan penggunaan darurat (EUA) dari Badan POM secara resmi," kata Arya dalam keterangannya, Kamis (15/7).

Dia berharap Ivermectin bisa membantu memicu penurunan kasus covid-19 di Indonesia yang sekarang sedang terjadi. Selain itu masyarakat juga bisa mendapatkan obat tersebut dengan harga terjangkau.

"Dan satu hal ialah obat ini adalah obat yang murah, apalagi yang generik di mana harganya sekitar Rp7.885 per tablet semoga obat ini bisa diakses oleh masyarakat secara luas juga, namun tetap dengan syarat adanya resep dokter atau pengawasan dokter," ungkapnya.

Selain Ivermectin BPOM juga merestui 7 obat yang bisa mendukung terapi untuk pasien covid. Berikut obat-obat yang setujui BPOM yakni Remdesivir, Favipiravir, Oseltamivir, Immunoglobulin, Ivermectin, Tocilizumab, Azithromycin, dan Dexametason (tunggal).(H-1)

Baca Juga

IG/manganang92

Aprilio Manganang Bertunangan, Warganet Ramai Ucapkan Selamat

👤Mediaindonesia 🕔Senin 24 Januari 2022, 16:11 WIB
Dalam foto yang diunggah @manganang92 tampak Manganang mengenakan pakaian pasangan atau sering disebut "couple" batik berwarna...
ANTARA/JESSICA HELENA WUYSANG

KPAI Imbau Sekolah Penuhi Syarat Kebutuhan Penyelenggaraan PTMT

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 24 Januari 2022, 16:05 WIB
Hasil pengawasan KPAI terhadap penyelenggaraan PTMT dengan kategori sangat baik sebanyak 15,28%, kategori baik 44%, cukup 19,4%, kurang...
Dok: Universitas Indonesia

Jokowi Fasilitasi Pengembangan SDM Anak Indonesia Melalui Digitalisasi Pendidikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 24 Januari 2022, 15:58 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus berupaya menggenjot Sumber Daya Manusia (SDM) anak-anak Indonesia melalui beragam fasilitas. Salah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya