Kamis 08 Juli 2021, 20:12 WIB

Ini Link Cek Faskes Vaksinasi Covid-19 di Jakarta

Atalya Puspa | Humaniora
Ini Link Cek Faskes Vaksinasi Covid-19 di Jakarta

ANTARA/RAHMAD
Warga nelayan mendaftar vaksin covid-19 di kantor desa kawasan permukiman kumuh Desa Pusong, Lhokseumawe, Aceh, Kamis (8/7/2021).

 

Pemerintah menyediakan fitur tambahan di laman covid19.go.id yang memberikan informasi fasilitas kesehatan (faskes) yang melayani vaksinasi covid-19 di Jakarta. Tautan lebih detail untuk mendapatkan Informasi tersebut bisa diakses di https://covid19.go.id/faskesvaksin. 

Fitur tersebut diharapkan dapat memudahkan masyarakat mencari lokasi vaksinasi terdekat dan segera mendapatkan vaksinasi. Koordinator PMO Komunikasi Publik KPCPEN Arya Sinulingga mengatakan, di tengah lonjakan kasus covid-19 yang sangat tinggi saat ini, vaksinasi merupakan salah satu cara melindungi kita semua karena dapat mengurangi risiko terjadinya sakit bagi yang tertular virus covid-19.

“Dalam rangka memudahkan masyarakat Jakarta mencari informasi lokasi yang menyediakan layanan vaksinasi, kami siapkan fitur tambahan pada laman covid19.go,id,” kata Arya dalam keterangan resmi, Kamis (8/7).

Baca juga: Luhut : Banyak Mafia terkait Tabung Oksigen dan Obat Covid-19

Menurutnya, caranya dengan klik tautan https://covid19.go.id/faskesvaksin, kemudian temukan lokasi vaksinasi terdekat. Pilih provinsi dan kabupaten/kota lantas klik cari sekarang. Misalkan klik Provinsi DKI Jakarta dan Kota Jakarta Selatan, maka akan ditemukan 160 faskes.

Setelah itu, laman akan menampilkan peta lokasi faskes dan detail informasi lainnya seperti alamat lengkap, nomor telepon dan masyarakat bahkan bisa langsung dapat meminta diarahkan dengan mengklik arahkan.

Arya menambahkan, untuk saat ini, fitur tersebut masih untuk wilayah Jakarta, namun akan terus dikembangkan untuk ke wilayah lain. “Dalam waktu dekat akan kita kembangkan fitur ini hingga akhirnya dapat mencakup seluruh Indonesia. Ke depannya, kita juga akan kembangkan agar fitur ini dapat memberikan informasi vaksin yang tersedia,” tutur Arya.

Baca juga: Pekan Ini, Kemenkes Bayar Klaim Penanganan Covid-19 Rp2,4 Triliun

Dia juga meminta masyarakat untuk segera lakukan vaksinasi demi keselamatan bersama. "Vaksinasi adalah ikhtiar kita untuk melindungi diri dan bangsa ini dari pandemi dengan cara membangun herd immunity," katanya.

Dia memaparkan, hingga kini, lebih dari 49 juta dosis vaksin telah diberikan kepada sekitar 34,5 juta orang yang menerima vaksin dosis pertama dan sekitar 14,5 juta sudah mendapatkan dosis kedua.

"Ayo masyarakat yang belum divaksin untuk mendapatkan vaksin sekarang juga," ajak Arya.  (H-3)

 

Baca Juga

Ist/Perpusnas

42 Tahun Perpusnas: Mengikis Paradigma Rendahnya Kegemaran Membaca di Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 11:02 WIB
Survei yang dilakukan oleh Tim Perpustakaan Nasional pada 2019 misalnya, menunjukkan antusiasme masyarakat Indonesia terhadap bacaan sangat...
Dok MI

Penyebab Kematian Mendadak pada Bayi Mulai Terkuak

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:15 WIB
"Temuan ini mewakili kemungkinan mengidentifikasi bayi yang berisiko mengalami SIDS sebelum kematian dan membuka jalan baru untuk...
ANTARA FOTO/Arnas Padda

Cegah Virus Hendra, Jaga Kebersihan Sanitasi Kandang Kuda

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:03 WIB
Masyarakat yang memiliki kuda harus tetap waspada dan terus memperhatikan kebersihan kandang kuda agar tidak terjadi penyebaran virus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya