Minggu 04 Juli 2021, 19:00 WIB

Bencana Hidrometeorologi Masih Mengancam Sejumlah Wilayah

Atalya Puspa | Humaniora
Bencana Hidrometeorologi Masih Mengancam Sejumlah Wilayah

Antara
Foto udara banjir yang melanda wilayah Kendari, Sulawesi Tenggara.

 

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai peringatan dini cuaca yang berpotensi memicu bahaya hidrometeorologi. Seperti, banjir, angin kencang dan tanah longsor. 

BMKG telah mengeluarkan daftar provinsi terkait peringatan dini cuaca, salah satunya wilayah Sumatera. Wilayah Aceh, Sumatera Utara dan Sumatera Barat memiliki potensi hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang. 

Sejumlah wilayah di Aceh juga perlu waspada, seperti Aceh Jaya, Aceh Tengah dan Bener Meriah. Lalu, Pidie Jaya, Aceh Barat Daya, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Subulusalam, Aceh Barat dan Nagan Raya.

Baca juga: Waspadai Bencana Hidrometeorologi Saat Musim Peralihan

"Ditinjau melalui inaRISK, Aceh merupakan provinsi dengan potensi bahaya banjir kategori sedang hingga tinggi," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Raditya Jati dalam keterangan resmi, Minggu (4/7).

"23 kabupaten berada pada potensi bahaya tersebut. Di antaranya kabupaten yang disebutkan dalam peringatan dini cuaca di atas. Sedangkan dilihat dari potensi luas bahaya pada 23 kabupaten tersebut mencapai lebih dari 650 ribu hektar," imbuhnya.

Di Sumatera Utara, BMKG memonitor beberapa wilayah dengan potensi hujan lebat. Seperti Dolok Sanggul, Kabanjahe, Panguruan, Salak, Sidikalang dan Sipirok. Melihat analisis inaRISK, provinsi ini juga merupakan wilayah dengan potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. 

Baca juga: BMKG: Waspada Dampak tidak Langsung Siklon Tropis Choi Wan

Sebanyak 33 kabupaten dengan luas 1,3 juta hektar pada potensi bahaya tersebut. Masyarakat diimbau untuk mewaspadai potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor maupun angin kencang. Demikian juga Sumatera Barat yang terpantau pada potensi hujan ringan di beberapa wilayah.

Misalnya, Payakumbuh, Pulau Punjung, Sarilamak dan Tuapejat. BMKG menginformasikan waspada potensi hujan sedang hingga lebat dan dapat disertai petir atau kilat pada dini hari di wilayah Pasaman Barat dan Pasaman. Sementara itu, potensi hujan lebat yang disertai kilat atau petir serta angin kencang juga mengancam Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Beberapa minggu terakhir, banjir masih terjadi di beberapa wilayah. Seperti, Banyumas, Donggala, Samarinda dan Sigi. Terkait banjir di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pada Sabtu (3/7) siang, sejumlah kelurahan terdampak banjir tersebut.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Setwapres

Wapres Dorong NU Terdepan Atasi Persoalan Sosial

👤Ant 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:49 WIB
Ma'ruf Amin menjelaskan saat ini umat tengah dihadapkan pada perkembangan teknologi informasi yang memiliki dua...
Dok. Universitas Pancasila

Gandeng Universitas Cenderawasih, Universitas Pancasila Jalin Kolaborasi di Bidang Olahraga dan Akademik 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:45 WIB
Adanya kolaborasi ini memberi kesempatan kepada kedua kampus untuk bisa melakukan pertukaran mahasiswa dan...
Dok. Kalbis Institute

Kalbis Institute Luncurkan Program Management in Family Bussiness 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:36 WIB
Program itu bertujuan untuk bisa menjadi jembatan bagi seluruh mahsiswa agar bisa melanjutkan serta mengembangkan usaha yang telah dirintis...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya