Minggu 20 Juni 2021, 20:11 WIB

ILUNI UI Gandeng RSCM Persiapkan Sentra Vaksinasi

Kautsa Bobi | Humaniora
ILUNI UI Gandeng RSCM Persiapkan Sentra Vaksinasi

Ist
Vaksinasi

 

IKATAN Alumni (ILUNI) Universitas Indonesia (UI) bersama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) tengah mempersiapkan sentra vaksin covid-19. Hal itu sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi.

"Kita persiapkan sentra vaksin yang aman, nyaman, cepat, dan tepat sasaran," ujar Koordinator Program Vaksinasi ILUNI UI Endang Mariani, di Gedung RSCM Kencana, Jakarta, Minggu (20/6).

ILUNI UI, kata Endang telah beberapa kali menggelar vaskinasi massal. Baik itu di Rumah Sakit UI (RSUI) dan di RSCM. Saat ini, pelaksanaan vaksin dengan sistem drive thru baru dapat digelar di RSUI. Ke depan, dalam sentra vaksinasi yang tengah dirancang akan menyuguhkan fasilitas drive thru.

Kendati demikian, Endang belum dapat membeberkan lebih jauh lokasi dan waktu pembukaan sentra vaksinasi. Pihaknya tengah fokus mempersiapkan sejumlah hal pendukung pelaksanaan sentra vaksinasi.

"Kita masih dalam persiapan butuh macam-macam, jaringan dan lain-lain. Kalau tenaga kesehatan sudah siap, tenaga relawan administrasi sudah siap dan sebagainya telah siap," terangnya.

Lebih lanjut, katanya, berharap semakin banyak masyarakat yang bisa memperoleh vaskinasi. Sebab, setiap saat masyarakat memiliki potensi terpapar covid-19.

"Ada yang bilang nunggu sinovac, mau nunggu astrazeneca, atau nunggu pfizer. kita tidak tau kapan terinfeksi (covid-19). Lebih cepat lebih baik," terangnya.

Baca juga : Pakar: Perbanyak Testing untuk Melihat Realitas di Lapangan

Sementara itu, ILUNI UI telah melakukan vaksinasi untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas sebanyak 500 orang dan sebanyak 500 orang kelompok lanjut usia (lansia). Selain itu, ILUNI UI dan RSUI masih terus melakukan vaksinasi terhadap kelompok penerima vaksin.

Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian menyebutkan, kegiatan layanan vaksinasi ini merupakan kali ketiga diselenggarakan di RSCM dan merupakan bentuk partisipasi ILUNI UI dalam penanganan covid-19.

Atas upaya tersebut, ILUNI UI menjadi satu-satunya Ikatan Alumni Perguruan Tinggi yang mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI (4/6).

“Program vaksinasi ini bertujuan mendukung pemerintah dalam percepatan realisasi program vaksinasi. Kami juga mencoba mengakomodir permintaan alumni dan mahasiswa UI untuk mendapatkan vaksinasi. Kita selalu terdepan dalam mendukung kegiatan vaksinasi untuk alumni, mahasiswa dan masyarakat,” ujar Andre, Minggu (20/6).

Andre mengatakan, program layanan vaksinasi ILUNI UI merupakan Sinergi Temu antara berbagai pemangku kepentingan. Tak hanya menggandeng RSCM dan Danone sebagai mitra, ILUNI UI juga mengajak relawan yang terdiri dari ILUNI FIK UI, ILUNI FKM UI, Alumni Resimen Mahasiswa (Menwa) UI, dan juga mahasiswa UI Rumpun Ilmu Kesehatan.

 ”Semoga Sinergi Temu yang tercipta akan memperbesar manfaat yang diterima, tak hanya oleh alumni dan mahasiswa UI, tapi juga masyarakat luas,” ucapnya. (OL-2)

 

 

Baca Juga

ANTARA/Fauzan

Indonesia akan Terima Tambahan 45 Juta Dosis Vaksin Covid-19 pada Agustus

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:13 WIB
"Ada vaksin Sinovac 35 juta dosis, AstraZeneca 6 juta dosis, dan Pfizer 3-5 juta...
MI/Susanto

Gen Z Lebih Pede Setelah Divaksin di NasDem

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:49 WIB
"Remaja-remaja saya lihat pada lompat girang waktu dapat lembar...
Antara

Kebakaran Hutan dan Lahan, Titik Api Terbanyak di Kalimantan Barat

👤Zubaedah Hanum 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:05 WIB
BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi meluasnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), seiring dengan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya