Kamis 17 Juni 2021, 06:15 WIB

Kerusakan Kawasan Konservasi TNLL Meluas Akibat Tambang Emas Ilegal

M Taufan SP Bustan | Humaniora
Kerusakan Kawasan Konservasi TNLL Meluas Akibat Tambang Emas Ilegal

MI/M Taufan SP Bustan
Kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) di Desa Dongi-Dongi, Kecamatan Lore Utara, Kab. Poso, Sulteng, rusak akibat tambang emas ilegal.

 

KAWASAN konservasi Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) di Dusun Dongi-Dongi, Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, semakin memprihatinkan. Kerusakan kawasan akibat adanya aktivitas tambang emas ilegal sudah meluas.  

Kepala Balai (TNLL) Jusman mengatakan, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh timnya di lapangan, bahwa kerusakan lahan di wilayah konservasi itu kini sudah mencapai 15 hektare.  

"Pemantauan dilakukan menggunakan drone dan sangat tampak lahan yang rusak akibet aktivitas pertambangan emas ilegal," terangnya, Rabu (17/6).  

Menurut Jusman, sebelumnya pada November 2020 timnya juga menerbangkan drone di titik pemantauan dan menemukan sekitar 3,4 hektar lahan yang rusak.

"Lahan rusak itu berlubang-lubang. Itu bekas galian penambang. Sekarang sudah ada sekitar 15 hektare yang rusak lahan," tegasnya.

Jusman menambahkan, pihaknya bersama aparat penegak hukum harus berhati-hati dalam mengambil langkah penindakan, meskipun masih banyak pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di kawasan tersebut.  

Hal itu guna menghindari situasi yang gaduh, sehingga harus mengambil langkah yang persuasif.

"Di sini (Balai TNLL) teman-teman dilatih menembak dan dipersenjatai. Kami punya senjata 17 pucuk tambah dua laras pendek. Tapi yang mau kita hadapi itukan saudara-saudara kita sendiri, makanya langkah persuasif dikedepankan," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Ketahui Risiko Kesehatan Duduk Lebih Dari 40 Menit

 

 

Baca Juga

MI/Susanto

61,81% Jemaah Haji Indonesia Memiliki Risiko Tinggi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 16:40 WIB
Menurut PPIH Arab Saudi bidang kesehatan bahwa jemaah haji Indonesia per 25 Juni 2022 yang memiliki risiko tinggi terhadap kesehatan...
MI/Susanto

Jemaah Haji Indonesia yang Wafat Menjadi 12 Orang

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 16:25 WIB
Sementara jemaah haji sakit sebanyak 520 orang, sebanyak 446 orang rawat jalan, 60 orang dirawat di klinik kesehatan haji Indonesia, dan 14...
MI/Bagus Suryo

Universitas Brawijaya Kukuhkan Menteri LHK sebagai Profesor Kehormatan

👤Bagus Suryo 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 16:23 WIB
Siti Nurbaya menyampaikan kebaharuan (novelty) tentang Indonesia’s Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030, dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya