Selasa 08 Juni 2021, 17:48 WIB

Dana Haji untuk Infrastruktur, Moeldoko: Menyesatkan

Andhika prasetyo | Humaniora
Dana Haji untuk Infrastruktur, Moeldoko: Menyesatkan

Dok.MI
Ilustrasi

 

KEPALA Staf Kepresidenan Moeldoko membantah pernyataan beberapa pihak yang menyebut pemerintah telah menggunakan dana calon haji untuk membiayai pembangunan infrastruktur.

Mantan panglima TNI itu memastikan bahwa saat ini dana calon haji dikelola dan disimpan dengan aman oleh Badan Pengelola Keuangan Haji.

"Tidak ada hal seperti itu. Itu isu menyesatkan," kata Moeldoko kepada wartawan, Selasa (8/6).

Keputusan pemerintah untuk membatalkan keberangkatan haji tahun ini tidak lain karena alasan keselamatan, bukan karena dana untuk memberangkatkan sudah habis terpakai untuk membangun infrastruktur.

Pemerintah, lanjut dia, tidak mungkin menerbitkan kebijakan yang akan merugikan kepentingan bangsa dan negara, apa lagi bertujuan menghalang-halangi rakyat menunaikan ibadah haji.

Baca juga: PDIP: Hentikan Hoaks Terkait Pembatalan Haji

"Kita tidak bisa memaksakan untuk memberangkatkan calon haji ke Tanah Suci. Faktor keselamatan jemaah menjadi pertimbangan utama. Semua negara juga menghadapi persoalan yang sama, atau bukan hanya Indonesia," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu juga sudah membantah isu tersebut.

Dana kelolaan haji, sambungnya, dialokasikan kepada instrumen investasi dengan profil risiko low to moderate. Sebanyak 90% dalam bentuk surat berharga syariah negara dan sukuk korporasi.

"Jenis investasi BPKH ini juga dapat dilihat di e-book Jenis Investasi di BPKH di situs resmi lembaga," terang Anggito.

Ia pun mempersilakan masyarakat untuk mengecek laporan keuangan BPKH yang tersedia di laman resmi. "Silakan diunduh dan dibaca secara cermat dan hati-hati, agar kita bicara sesuai fakta dan data," tandasnya.(OL-4)

Baca Juga

Dok Diktiristek

Aplikasi SILAHAP Optimalkan LHP Ditjen Diktiristek

👤Widhoroso 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 21:16 WIB
(Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan publik melalui berbagai inovasi. Salah satunya...
Ist

Kebersihan Mulut dan Pernapasan Cegah Terpapar Virus Covid-19

👤Eni Kartinah 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 20:55 WIB
Di masa pandemi Covid-19, penting untuk menjaga kebersihan mulut dan saluran pernapasan (oral and respiratory hygiene) dengan berkumur dan...
Dok YKPI

Deteksi Dini Memperbesar Peluang Kesembuhan Kanker Payudara

👤Siswantini Suryandari 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 20:06 WIB
Pentingnya melakukan deteksi dini kanker payudara karena semakin dini kanker payudara terdeteksi, makin banyak pilihan terapi, makin tinggi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya