Kamis 20 Mei 2021, 13:05 WIB

Asah Keterampilan Digital Anak Bangsa, Kominfo Sediakan Beasiswa

Faustinus Nua | Humaniora
Asah Keterampilan Digital Anak Bangsa, Kominfo Sediakan Beasiswa

ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA
Petugas menunjukkan tampilan aplikasi iPusnas di Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jakarta, Rabu (5/8/2020).

 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan Program Digital Talent Scholarship (DTS). Program itu menyediakan 100.000 beasiswa pelatihan nongelar setiap tahun bagi putra-putri bangsa dalam mengembangkan talenta digital.

"Melalui DTS, Kementerian Kominfo memberikan peluang mengasah keterampilan digital tingkat menengah untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi antara lain big data, artificial intelligence, machine learning, cloud computing, cybersecurity, dan pemanfaatan kemajuan teknologi digital lainnya," ungkap Menkominfo Johnny G. Plate dalam peluncuran Program Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital, Kamis (20/5).

Baca juga: Pemerintah Targetkan 50 Juta Masyarakat Terliterasi Digital

Menteri Johnny menyatakan, pelaksanaan program tersebut bekerja sama dengan 93 universitas dan politeknik di 34 provinsi.

Sedangkan, pengembangan keterampilan digital tingkat lanjutan, dilakukan melalui program Digital Leadership Academy (DLA). "Ini terbuka bagi 300 pemangku kebijakan sektor publik dan privat setiap taunnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Johnny menyatakan guna memastikan kebermanfaatan dan keberlanjutan program-program penguatan SDM digital tersebut, Kementerian tidak dapat bekerja sendiri.  Oleh karena itu, pihaknya membutuhkan kerja sama semua stakeholders dab juga melibatkan startup founders, Kepala Dinas Kominfo, dan para pimpinan sektor digital lainnya. 

Baca juga: Harkitnas, Menkominfo Ajak Perangi Hoaks dan Disinformasi

"Kami memohon dukungan dari Bapak Presiden, juga partisipasi aktif dari Bapak/Ibu Menteri, Bapak Menteri Dalam Negeri, Bapak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, para Gubernur, para Bupati dan Walikota beserta jajaran, untuk menyukseskan program ini. Ini merupakan suatu program kolaborasi secara horisontal dan secara vertikal, pelibatan ekosistem secara menyeluruh di tingkat nasional kita,” turutnya.

Menkominfo pun mengajak masyarakat Indonesia untuk terlibat aktif. Progrm yang sudah dicanangkan itu bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pembangunan di masa depan. Apalagi Indonesia sendiri merupakan negara dengan kekuatan ekonomi digital terbesar di ASEAN atau 40% dari total ekonomi digital kawasan.

“Khusus bagi saudara-saudariku, seluruh masyarakat Indonesia, mari bersama-sama memanfaatkan dan mengikuti kelas literasi digital yang terbuka luas secara gratis di sepanjang tahun ini dan di tahun-tahun berikutnya,” tandasnya. (H-3)

Baca Juga

BPMI/ Lukas

Gelar Zikir Virtual, Jokowi Ajak Seluruh Elemen Bangsa Ikhtiar Lawan Pandemi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:43 WIB
Menurut Jokowi, doa merupakan kekuatan yang dahsyat untuk membangkitkan harapan dan...
Dok NasDem

NasDem Minta Warga Datang Sesuai Jadwal untuk Vaksinasi Kedua

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:20 WIB
Pemberian vaksin dosis pertama dimulai 5 Juli- 1 Agustus 2021. Sementara untuk dosis keduanya dimulai 2 hingga 29 Agustus...
Antara

Pertumbuhan Awan Meningkat, Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir Senin, 2 Agustus 2021

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 22:05 WIB
POLA perlambatan kecepatan angin menunjukkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah besok, Senin, 2 Agustus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya