Sabtu 01 Mei 2021, 13:05 WIB

BAZNAS Gelar Nobar Kisah Nabi Ibrahim di Rumah Quran, Jayapura

mediaindonesia.com | Humaniora
BAZNAS Gelar Nobar Kisah Nabi Ibrahim di Rumah Quran, Jayapura

DOK BASZNAS
BAZNAS Gelar Nonton Bareng Kisah Nabi Ibrahim di Rumah Quran Abepantai Jayapura

 

BADAN Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui lembaga program Zakat Community Development (ZCD) menumbuhkan aspek pendidikan dan dakwah Islam lewat acara nonton bareng kisah para nabi di Rumah Qur’an, Kampung Ambon, Distrik Abepura, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (23/4).

Acara ini merupakan upaya BAZNAS dalam memberdayakan mustahik lewat berbagai bidang, seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan dakwah Islam. Mengenalkan pendidikan Islam kepada anak sejak dini merupakan suatu kepentingan. Dengan tumbuhnya pengetahuan Islam di dalam diri setiap anak diharapkan akan dapat menanamkan nilai-nilai yang berakhlak mulia. Terdapat banyak metode pembelajaran yang dapat diajarkan kepada anak, salah satunya yaitu dengan memberikan nontonan baik yang berkisahkan mengenai sejarah para nabi.

Nonton bareng ini dihadiri oleh pendamping ZCD, 25 anak santri Rumah Qur’an, dua pengajar, serta seorang mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua. Dalam aktivitas sehari-harinya para santri mempelajari metode membaca Alquran dan menghafal surah-surah pendek. Namun pada Ramadhan tahun ini para santri diberikan tambahan ilmu mengenal sikap para nabi memalui nonton barsama.

Baca Juga: Baznas Salurkan Paket Ramadan Bahagia ke 29 Provinsi 

Kisah yang diangkat kali ini adalah kisah Nabi Ibrahim AS, film yang diberikan dalam bentuk animasi sehingga mudah dipahaminya. Dalam metode menonton kisah nabi ini anak tidak hanya mengenal nilai-nilai akidah, melainkan anak juga akan memahami tentang sifat, karakter, dan nilai-nilai kebaikan lainnya. Oleh karena itu, mengingat banyaknya manfaat yang bisa diperoleh, tak ada alasan untuk tidak memperkenalkan kisah para Nabi ke anak-anak santri.

Antusias anak-anak dalam menonton kisah Nabi sangat besar, dapat dirasakan ketika diberikan pertanyaan mengenai apa saja yang didapatkan setelah tontonan tentang kisah Nabi, para santri berani untuk maju dan menjawab pertanyannya dengan baik. Sehingga hal ini bisa menjadikan tolok ukur dari pengajar rumah Qur'an untuk lebih meningkatkan kapasitas belajar anak dengan edukasi berupa tontonan kisah-kisah para nabi lainnya dengan harapan para santri mendapat keutamaannya yaitu mengokohkan akidah. Kegiatan ini turut menerapkan protokol kesehatan ketat guna mencegah penularan Covid-19. (RO/OL-10)

Baca Juga

Dok. Kemenag

Menag: Seleksi Mahasiswa Sarana Peningkatan Mutu PTKIN 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 22:41 WIB
Pada 2021 misalnya, tidak kurang 280 ribu calon mahasiswa yang mendaftar, terdiri atas 182.890 pendaftar dari dari 11.920 sekolah melalui...
AAFP/Javier Torres.

Penelitian Terbaru, Kucing Besar Tertular Covid-19 dari Penjaganya

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 22:15 WIB
Penelitian ini muncul dalam jurnal peer-review dan akses terbuka yang disebut...
Dok. Pribadi

Magang Bersertifikat di Pasar Rakyat, Libatkan Mahasiswa Jadi Penggerak Ekonomi Nasional 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 22:02 WIB
Menurutnya program ini sesuai dengan salah satu filosofi Kampus Merdeka yakni kolaborasi dan gotong royong, terutama untuk bergotong royong...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya