Sabtu 10 April 2021, 10:40 WIB

Dua Siklon Tropis Menjauh, Masih Ada Hujan Angin

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Dua Siklon Tropis Menjauh, Masih Ada Hujan Angin

ANTARA/ Aditya Pradana Putra
Cuaca ekstrem akibat siklon tropis Seroja telah memicu bencana alam di sejumlah wilayah di NTT dan mengakibatkan rusaknya ribuan rumah warga

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan siklon tropis Seroja mulai menjauhi dari wilayah Indonesia. Kendati demikian dibeberapa daerah diprediksi masih akan terjadi hujan angin.

"Saat ini siklon Seroja berada di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah yang bergerak ke barat daya dengan kecepatan 19 km/jam menjauhi wilayah Indonesia," kata Prakirawan BMKG Efa Aseftiani yang disampaikan pada akun media sosial instagram milik BMKG, Sabtu (10/4).

Efa melanjutkan, hal ini cukup berdampak baik bagi kondisi di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang membuat cuaca cerah hingga cerah berawan dimana hal ini cukup kondusif untuk proses evakuasi dan penyaluran bantuan bagi korban banjir bandang di wilayah NTT akibat siklon tropis Seroja.

Sementara itu, siklon tropis Odette juga terpantau menjauhi Indonesia yang mana saat ini berada di wilayah Samudra Hindia Selatan Jawa Barat yang bergerak ke timur laut dengan kecepatan 20 km/jam.

Hal ini cukup berdampak bagi kondisi di wilayah Indonesia dan juga tinggi gelombang laut di wilayah perairan Indonesia. "Gelombang laut terpantau tinggi yakni mencapai 4-6 meter yang diperkirakan terjadi sepanjang Samudera Hindia Selatan, Jawa hingga Bali," lanjut Efa.

Selain berdampak pada tinggi gelombang laut, kondisi ini berdampak pula pada kondisi cuaca di wilayah Indonesia, terdapat hujan dengan angin kencang dan kilat di wilayah DKI Jakarta, NTB, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara dan wilayah Maluku Utara.

Kondisi ini juga perlu diwaspadai karena terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat, petir dan angin kencang yang diperkirakan di wilayah Aceh, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kaliman Utara, Kalimantan Tengah, Kaliman Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengahm Sulawesi Barat, Maluku, Papua dan Papua Barat.(H-1)

Baca Juga

MI/depi gunawan

Terjadi Peningkatan Aktivitas Gempa, 729 Kali dalam 20 Hari Pertama 2022

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 12:09 WIB
Jumlah tersebut menunjukkan aktivitas gempa di Indonesia mengalami peningkatan. Rata-rata, wilayah Indonesia hanya mengalami gempa sebanyak...
ANTARA /Aloysius Jarot Nugroho

Kasus Covid-19 Tembus di Atas 2 Ribu, Masyarakat Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 11:15 WIB
Apabila memang harus bepergian dan mengunjungi ruang publik yang berisiko bertemu banyak orang, protokol kesehatan sama sekali tidak boleh...
 ANTARA/ Novrian Arbi

Permendikbud 30/2021 Dinilai Tidak Mencerminkan Paradigma Keagamaan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 10:10 WIB
Tidak adanya pasal yang mengatur tentang hak terlapor yang terfitnah. Karena ini membuka peluang kasus terlapor sebagai playing victim dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya