Selasa 06 April 2021, 18:17 WIB

PPKM Mikro Butuh Konsistensi dan Ketegasan

Mediaindonesia.com | Humaniora
PPKM Mikro Butuh Konsistensi dan Ketegasan

Antara
Ilustrasi

 

DIBUTUHKAN konsistensi dan ketegasan pelaksanaan 
pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di tanah air untuk mengakselerasi upaya pengendalian penyebaran Covid-19 di Tanah Air. 

Disiplin masyarakat menjalankan protokol kesehatan menjadi salah satu kunci keberhasilan PPKM skala mikro.

"Selama pandemi Covid-19 belum dapat dikendalikan, berbagai upaya penanggulangan seperti penerapan PPKM berskala mikro harus tetap dilanjutkan," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa, (6/4), menyikapi keputusan pemerintah melakukan perluasan dan perpanjangan PPKM skala mikro selama 14 hari, yakni 6-19 April 2021.

Lestari mendukung perluasan penerapan PPKM berskala mikro di lima provinsi, yakni  Kalimantan Utara, Aceh, Sumatera Selatan, Riau, dan Papua. Dengan demikian, saat ini sudah 20 provinsi di Indonesia yang menerapkan PPKM skala mikro.

Karena, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, penerapan PPKM berskala mikro dinilai cukup berhasil karena dapat menekan laju penambahan kasus positif  Covid-19 di masyarakat. 

Penambahan kasus baru yang sebelumnya berkisar belasan ribu per hari, dalam sebulan terakhir turun menjadi sekitar 4.000-6.000 kasus per hari.

Meski jumlah kasus baru menurun, tegas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan tidak boleh kendur karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Secara teknis, jelas Rerie, pemberlakuan PPKM berskala mikro di 20 provinsi tidak mencakup seluruh wilayah provinsi, tetapi hanya di daerah zona merah dan zona orange yang ada di setiap provinsi, karena PPKM skala mikro berbasis kelurahan dan desa hingga RT/RW.

Dengan mekanisme tersebut, menurut dia, perlu konsistensi dan ketegasan para pemangku kepentingan di setiap daerah dalam pelaksanaan PPKM berskala mikro.

Rerie juga berharap, upaya testing, tracing dan treatments pada pelaksanaan PPKM skala mikro bisa direalisasikan lebih intensif.

Tanpa konsistensi dan ketegasan pelaksanaan PPKM skala mikro, tegas Rerie, berpotensi memerahkan zona yang sebelumnya sudah hijau.

Selain itu, tambahnya, kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, menjadi faktor yang menentukan dalam pelaksanaan PPKM skala mikro. (OL-8)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Balai POM NTT Uji Sampel Takjil

👤PO/H-2 🕔Jumat 23 April 2021, 05:30 WIB
BALAI Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), melakukan uji terhadap puluhan sampel takjil untuk berbuka puasa,...
Dok. Ist

Bayar Zakat secara Digital Tetap Sah

👤Ant/H-2 🕔Jumat 23 April 2021, 05:25 WIB
ZAKAT adalah kewajiban untuk semua umat muslim yang punya kemampuan, berasal dari harta yang halal dan memiliki ukuran tertentu serta waktu...
MI/Seno

Mengenal Alam Mitsal

👤Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal 🕔Jumat 23 April 2021, 05:20 WIB
Kekuatan apa yang dimiliki Nabi sehingga bisa mendengarkan dan memahami sesuatu yang menurut orang lain itu wilayah alam gaib? Apakah hanya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perburuan Gelar belum Usai

 Ancaman diskualifikasi dihindari karena tim yang tersisa urung ikut Liga Super Eropa

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya