Jumat 26 Februari 2021, 14:16 WIB

Atlet Prioritas Karena Menjadi Wakil Bangsa di Internasional

Dero Iqbal Mahendra | Humaniora
Atlet Prioritas Karena Menjadi Wakil Bangsa di Internasional

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Petugas menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada kiper Timnas sepak bola U-23 Nadeo Argawinata (kiri) di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK).

 

WAKIL Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin menyatakan atlet merupakan salah satu prioritas untuk diberikan vaksin. Sebab atlet merupakan duta bangsa Indonesia di event internasional.

Ia menjelaskan pemerintah memang ingin melakukan upaya percepatan vaksinasi agar terbentunya kekebalan komunitas. Meski hal tersebut tetap harus dilaksanakan secara bertahap.

Ia pun meyakinkan para peserta vaksin bahwa vaksin ini aman dan sudah melalui berbagai proses sehingga aman dan halal untuk digunakan.

“Di awal presiden dan saya sudah divaksin dan tidak ada komplikasi apa pun, sehat karena vaksin ini sudah memperoleh izin klinik dan rekomendasi dari badan POM serta fatwa halal dari MUI,” tutur Ma’ruf dalam sambutannya membuka kegiatan vaksinasi atlet, pelatih dan official di Istora Senayan Jakarta, Jumat (26/2).

Ia menuturkan prioritas pertama pemberian vaksin memang diberikan kepada tenaga kesehatan, karena mereka yang bergulat dengan penanganan covid-19. Setelah itu Polri dan TNI, menyusul jurnalis yang juga beraktivitas di tengah masyarakat, dan kini giliran dari para atlet.

“Atlet ini penting dan termasuk prioritas terutama bagi yang akan mengikuti berbagai event baik domestik maupun global. Karena event event ini terus berjalan walau masih dalam pandemi dan tidak dihadiri oleh penonton,” tutur Ma’ruf.

Baca juga: Efiktivitas Vaksinasi Nakes Baru Bisa Dilihat Setelah Tiga Bulan

Ia juga menilai event olahraga sebagai suatu hal yang penting, sebab bukan hanya sebagai hiburan tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan komersial para atlet itu sendiri.

“Apalagi mereka yang kita siapkan untuk mengikuti event internasional seperti Olimpiade itu menjadi penting sebab harus dipersiapkan jauh jauhari agar pada saatnya nanti mencapai puncak performanya,” terang Ma’ruf.

Oleh sebab itu pemerintah ingin membantu agar para atlet tidak terpapar covid-19 sehingga tidak dapat mengikuti gelaran kompetisi di internasional. Terlebih dengan ikut di event nasional para atlet juga membawa kebanggaan bagi Indonesia karena mampu mengibarkan sang saka merah putih di negara lain.

Sebagaimana diketahui bendera merah putih hanya dikibarkan dalam dua hal, pertama ketika pimpinan negara berkunjung ke luar negeri, yang kedua ketika seorang atlet menjuarai suatu turnamen internasional.

Ia pun berharap para atlet dapat menjadi contoh bagi masyarakat setelah mendapatkan vaksin.

“Kita mengharapkan atlet ini menjadi representasi kelompok yang secara fisik kuat dan sehat. Kita harapkan melalui vaksinasi ini menjadi motivasi bagi masyarakat dengan tetap sehat dan kuat,” pungkas Ma’ruf.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali juga berpesan meski para atlet telah mendapatkan vaksin, mereka tetap harus menjaga dan melaksanakan protokol kesehatan secara benar dan ketat.(OL-4)

Baca Juga

AFP/Roslan RAHMAN

Singapura Bisa Jadi Contoh Tekan Covid-19

👤Siswantini Suryandari 🕔Selasa 13 April 2021, 06:58 WIB
Selain larangan mudik, aturan yang ketat harus ditegakkan agar Indonesia bisa menuju zero covid-19 seperti dialami Singapura saat...
Ist

Bantuah Artha Graha Peduli ke Kupang Distribusiksn ke Sabu

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 05:20 WIB
Bantuan dari Artha Graha Peduli diterbangkan dengan helikopter milik BNPB dari Maumere ke  Sabu Raijua Kupang pada Sabtu...
ANTARA/OKY LUKMANSYAH

Masyarakat Diminta Jangan Khawatirkan Efikasi Vaksin

👤Budi Ernanto 🕔Selasa 13 April 2021, 04:34 WIB
Pemerintah akan memberikan yang terbaik bagi rakyatnya terkait vaksin...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya