Rabu 27 Januari 2021, 17:05 WIB

Cuaca Ekstrem, 6 Daerah Berpotensi Alami Banjir dan Banjir Bandang

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Cuaca Ekstrem, 6 Daerah Berpotensi Alami Banjir dan Banjir Bandang

BMKG
Perkiraan cuaca berbasis dampak memperlihatkan sejumlah wilayah yang berpotensi dilanda banjir dan banjir bandang, pada 27 Januari 2021.

 

BENCANA banjir dan banjir bandang berpotensi melanda enam provinsi, akibat cuaca ekstrem. Hal itu diketahui dari prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir/banjir bandang, selama 2 hari ke depan, yakni 28-29 Januari 2021 yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Enam daerah yang berpotensi dilanda banjir dan banjir bandang adalah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Papua Barat.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Rabu (27/1).

Ia menjelaskan, tingginya curah hujan dipicu oleh sejumlah faktor. Pertama, saat ini sebagian besar wilayah Indonesia (94% dari 342 Zona Musim) telah memasuki musim hujan yang diperkirakan mencapai puncaknya pada Februari 2021 mendatang.

Kedua, kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

"Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia," kata Guswanto dalam keterangan resmi, Rabu (27/1)

Selain itu, munculnya pusat tekanan rendah di Australia bagian utara mendorong terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan Intensitas Lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah berikut:

1. Aceh
2. Sumatera Utara
3. Sumatera Barat
4. Bengkulu
5. Sumatera Selatan
6. Lampung
7. Banten
8. DKI Jakarta
9. Jawa Barat
10. Jawa Tengah
11. DI Yogyakarta
12. Jawa Timur
13. Bali
14. Nusa Tenggara Barat
15. Nusa Tenggara Timur
16. Kalimantan Barat
17. Kalimantan Tengah
18. Kalimantan Timur
19. Kalimantan Utara
20. Sulawesi Utara
21. Gorontalo
22. Sulawesi Tengah
23. Sulawesi Selatan
24. Sulawesi Tenggara
25. Maluku
26. Maluku Utara
27. Papua Barat
28. Papua

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui https://signature.bmkg.go.id, media sosial @infoBMKG, aplikasi iOS dan android "Info BMKG", atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (H-2)

 

Baca Juga

ANTARA/M RISYAL HIDAYAT

PJJ Picu Anak Putus Sekolah, KPAI: Bantuan belum Merata

👤Pudja Lestari 🕔Minggu 07 Maret 2021, 16:01 WIB
Ketidakmampuan orangtua membayar iuran SPP menyebabkan anak tidak dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh...
Antara

Perempuan Harus Mampu Menjawab Tantangan yang Kian Beragam

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Maret 2021, 15:50 WIB
Diakui Rerie, sapaan akrab Lestari, tantangan yang dihadapi perempuan di masa pandemi ini semakin...
ITB

Ahli: 11 dari 17 Tujuan SDG's Memerlukan Peran Geologi

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 07 Maret 2021, 13:05 WIB
AHLI geologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Imam Achmad Sadisun menyatakan, 11 dari 17 tujuan SDG's memerlukan peran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya