Jumat 22 Januari 2021, 21:55 WIB

Memilih Camilan Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak

mediaindonesia.com | Humaniora
Memilih Camilan Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak

Ist
Diskusi virtual yang diselenggarakan Unilever Indonesia untuk mempromosikan cemilan es krim yang sehat bagi anak, beberapa waktu lalu.

 

MENYADARI pentingnya camilan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari keseluruhan kombinasi makanan untuk mendukung asupan nutrisi seimbang anak, Paddle Pop, brand camilan es krim anak dari Unilever Indonesia, memperkenalkan logo 'Cemilan Baik Untukmu'.

Ini merupakan wujud komitmen dalam menerapkan standar camilan es krim yang lebih baik dan mengedepankan kandungan yang baik untuk anak, tentunya dengan rasa yang tetap enak dan disukai oleh anak.

Melalui komitmen #CemilanBaikUntukmu, semua es krim Paddle Pop dibuat khusus sesuai standar nutrisi tinggi dengan kebaikan susu dan buah, serta membatasi tidak lebih dari kalori 110kkal, 12 g gula dan 3 g lemak jenuh, untuk memenuhi asupan nutrisi sesuai kebutuhan anak.

Standar ini telah mengikuti acuan dari dari World Health Organization (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI. Es krim Paddle Pop sebagai camilan yang baik juga telah mendapatkan nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan serta sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia.

"Di momen perayaan Hari Gizi Nasional 2021, kami memperkenalkan logo 'Cemilan Baik Untukmu' untuk memberikan jaminan kandungan es krim Paddle Pop yang baik untuk anak. Ini menjadi bagian dari komitmen Unilever terkait pangan masa depan yang bertujuan membantu masyarakat mengubah pola makan yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Kami secara konsisten melakukan inovasi dengan meluncurkan produk yang baik," jelas Hernie Raharja, Foods & Refreshment Director Unilever Indonesia, dalam keterangannya, Jumat (22/1).

Camilan merupakan elemen makanan yang tidak bisa dipisahkan dari asupan harian anak. Berdasarkan studi, hampir semua anak Indonesia (97,7%) mengonsumsi lebih banyak camilan dan minuman kemasan daripada sayuran dan buah-buahan. Apalagi dengan banyaknya pilihan camilan di pasaran, orangtua mengaku kesulitan membedakan camilan yang baik atau tidak.


Baca juga: Rawat Kulit Bayi dengan Produk Bebas Bahan Kimia Tambahan


"Ada banyak sekali jenis camilan yang beredar di pasaran. Karena itu, sangat penting bagi semua orangtua untuk memeriksa kembali kemasan camilan untuk anak. Untuk itu, kami selalu mengimbau kepada masyarakat untuk membaca label informasi pada kemasan," ungkap Dra Rita Endang Apt MKes, Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan POM.

Sementara dokter spesialis anak, dr Attila Dewanti SpA(K), menambahkan, kesadaran tentang pentingnya memilih camilan yang baik sangat krusial, sebab jika salah pilih camilan bisa memiliki berbagai akibat jangka panjang, seperti obesitas dan terganggunya daya tahan tubuh anak, terutama di masa pandemi sekarang ini.

"Diperkirakan juga bahwa 15-25% penyakit anak-anak disebabkan pola makan yang kurang tepat, termasuk camilan. Ketika anak-anak lebih banyak beraktivitas di rumah akibat pandemi, orangtua pun memiliki kesempatan untuk menumbuhkan kebiasaan baru, salah satunya memilih camilan yang baik," ujarnya.

Sophie Navita, presenter sekaligus ibu dari dua anak, juga ikut menyuarakan pentingnya menanamkan kebiasaan smart snacking kepada anak sejak dini.

"Saya percaya bahwa tugas utama dari orangtua bukan hanya memberikan yang terbaik, namun bagaimana kita bisa mewariskan kebiasaan baik bagi anak. Saya berupaya memberikan alasan setiap kali melarang atau memperbolehkan anak dalam memilih camilan, dengan harapan kebiasaan ini akan tertanam dalam diri mereka hingga dewasa, dan diwariskan juga ke anak-cucu generasi berikutnya," ungkap Sophie. (RO/S-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Tado

KPAI : Pengawasan Langsung Ke Daerah Tinggi Kasus Stunting

👤 Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 13 Juni 2021, 17:49 WIB
Komisioner KPAI, Retno Listyarti menegaskan akan melakukan pengawasan secara langsung ke sejumlah daerah dengan angka stunting tertinggi di...
Antara

Persi: Kenaikan Angka BOR Makin Merambah ke Banyak Provinsi

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 13 Juni 2021, 17:10 WIB
BERTAMBAHNYA kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Tanah Air membuat tingkat keterisian ranjang rumah sakit (bed occupancy rate/BOR) di...
MI/Bary Fathahilah

BNPB Pastikan Kesiapan Rusun Nagrak untuk Pasien Covid-19

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 13 Juni 2021, 16:40 WIB
Upaya mempersiapkan Rusun Nagrak di Cilincing, Jakarta, sebagai antisipasi terhadap lonjakan kasus positif covid-19 setelah libur...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perangkat Terenkripsi Jerat Penjahat di Seluruh Dunia

LEBIH dari 800 penjahat telah ditangkap di seluruh dunia seusai dijebak menggunakan aplikasi pesan terenkripsi yang dijalankan FBI.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya