Kamis 21 Januari 2021, 14:20 WIB

Korban Banjir Bandang di Paniai, Papua Butuh Bantuan

Atalya Puspa | Humaniora
Korban Banjir Bandang di Paniai, Papua Butuh Bantuan

MI/Marcelinus Kelen
Ilustrasi

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Panai, Papua saat ini masih mendata kemungkinan adanya warga terdampak dan kerusakan lain akibat banjir bandang di Desa Uwebutu, Distrik Madi, Paniai, lusa lalu.

"BPBD juga berkoordinasi dengan instansi terkait guna melakukan pembersihan material lumpur akibat bencana tersebut," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati, Kamis (21/1).

Dilaporkan pula saat ini kebutuhan mendesak warga yang terdampak saat ini berupa bahan makanan, pakaian, selimut dan tenda pengungsian.

Seperti diketahui banjir bandang telah menghanyutkan tiga rumah warga di Desa Uwebutu, Distrik Madi, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua. Peristiwa terjadi pada Selasa (19/1), pukul 19.30 waktu setempat atau waktu Indonesia timur (WIT).

Bencana tersebut diduga karena dipicu oleh intensitas hujan tinggi. Curah hujan tinggi menyebabkan tanggul di wilayah tersebut jebol sehingga banjir bandang tidak terelakkan. Bencana ini mengakibatkan sekitar 71 KK terdampak.

Baca juga : Pembatasan Sosial Jawa-Bali Diperpanjang Hingga 8 Februari

"BPBD Kabupaten Paniai melaporkan 3 unit rumah ikut hanyut, 8 unit rumah warga dan 1 fasilitas pendidikan berupa sekolah dasar rusak berat," kata Raditya dalam keterangan resmi, Kamis (21/1).

Melihat analisis InaRISK, Kabupaten Paniai memiliki 9 kecamatan dengan potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Luas bahaya pada sejumlah kecamatan tersebut mencapai 30.125 hektar. Sedangkan dari risiko, potensi populasi terpapar sebanyak 48.666 jiwa. Jumlah populasi tersebut teridentifikasi di 8 kecamatan dengan luas risiko 8.625 hektar.

Menurut pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Kabupaten Paniai, berpotensi mengalami hujan ringan sampai sedang hingga tiga hari ke depan. BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga menghadapi musim hujan yang akan terjadi sejumlah wilayah hingga akhir Februari 2021. (OL-2)

 

Baca Juga

Istimewa

Gempa Aceh Jaya akibat Aktivitas Lempeng Indo-Australia

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:05 WIB
Wilayah Aceh Jaya diguncang gempa tektonik M=5,5 kemudian diupdate menjadi magnitudo Mw=5,1 pada Sabtu (17/4) pagi. Guncangan gempabumi ini...
Istimewa

Bayi 4 Bulan Jadi Korban Angin Kencang di Indragiri Hilir

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 17 April 2021, 22:50 WIB
SEORANG bayi perempuan berusia empat bulan dilaporkan menjadi korban dari peristiwa angin kencang yang menerjang...
Dok. Kemendikbud

Ini 5 Formula Kemendikbud Tingkatkan Daya Saing Mahasiswa Vokasi

👤Syarief Oebadillah 🕔Sabtu 17 April 2021, 22:20 WIB
Lima program unggulan tersebut antara lain program sertifikasi kompetensi dan profesi mahasiswa vokasi, program fasilitasi magang mahasiswa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya