Sabtu 12 Desember 2020, 20:25 WIB

8 Cara Diet Kurus Instan, Jangan Dicoba!

Indrastuti | Humaniora
8 Cara Diet Kurus Instan, Jangan Dicoba!

ANTARA/Iggoy el Fitra
Stroberi California di kebun Razalia, Nagari Aia Angek, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

 

Menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah menjadi impian banyak orang. Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, kebanyakan cara instan tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan lain karena dilakukan tanpa pengawasan dokter.

Anda dapat dengan mudah menemukan informasi cara diet menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Yang perlu diwaspadai, bisa jadi ada efek samping diet tersebut bagi kesehatan, dan biasanya hasilnya tidak akan bertahan lama. 

Berikut adalah beberapa kesalahan diet atau cara diet yang tidak sehat dilansir Boldsky.

  1. Jus diet. Meminum jus diet tidak akan membantu menurunkan berat badan Anda, sebab yang hilang bukanlah lemak melainkan massa air dan otot. Jus mengandung sejumlah nutrisi dari buah dan sayur tetapi tidak mengandung protein. Jus diet memang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dalam jangka pendek, namun untuk jangka panjang, tubuh Anda akan kekurangan mikronutrien dan makronutrien penting.
  2. Diet rendah lemak. Memang kadar lemak dalam tubuh menyebabkan tubuh Anda melar, namun melakukan diet rendah lemak untuk menurunkan berat badan adalah ide yang buruk. Mengonsumsi lemak sehat justru akan membuat Anda kenyang, yang berarti Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan itu mencegah Anda makan berlebihan. Diet rendah lemak menyebabkan ketidakseimbangan hormon, risiko diabetes yang lebih tinggi, kesehatan jantung yang buruk, dan berkurangnya fungsi otak.
  3. Diet rendah karbohidrat. Diet rendah karbohidrat adalah diet yang berfokus pada protein, ikan, telur, ayam dan sayuran non-tepung, tidak termasuk kacang-kacangan, buah-buahan, roti dan biji-bijian. Karbohidrat dibutuhkan untuk menyediakan energi bagi tubuh dan ketika Anda tiba-tiba tidak mengonsumsinya, dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti lemas, sakit kepala, kelelahan, dan ruam kulit yang justru tidak akan membantu dalam penurunan berat badan.
  4. Diet ketat. Diet ketat adalah strategi penurunan berat badan dalam waktu yang lebih singkat. Beberapa contoh diet ketat adalah diet sup ayam, diet sup kubis, diet jeruk Bali merah atau grapefruit, diet jus dan sebagainya. Mengikuti diet ketat akan menyebabkan penurunan berat badan dalam waktu cepat untuk jangka pendek, tetapi dalam jangka panjang akan menyebabkan peningkatan kenaikan berat badan, melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko dehidrasi.
  5. Makan tinggi protein. Konsumsi tinggi protein seperti diet keto bukanlah cara yang baik untuk menurunkan berat badan. Sebab tubuh Anda membutuhkan vitamin dan mineral lain untuk bertahan hidup dan juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Diet tinggi protein termasuk makanan seperti mengonsumsi produk susu penuh lemak, daging merah, kacang-kacangan dan ikan. 
  6. Berolahraga selama berjam-jam. Berolahraga tentu saja membantu penurunan berat badan, tetapi ketika Anda melakukan olahraga berlebihan, Anda cenderung merasa lapar dan akan makan lebih banyak. Anda tidak akan bisa menurunkan berat badan dan juga Anda akan merasa lebih lelah. Olahraga yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan jantung.
  7. Diet makanan mentah. Melakukan diet makanan mentah bukanlah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Beberapa makanan mentah saat dimasak melepaskan nutrisi penting yang dapat membantu penurunan berat badan jangka panjang. Makanan ini termasuk tomat, bayam, kacang-kacangan dan wortel.
  8. Makan sandwich atau wrap. Hanya makan sandwich atau wrap sandwich untuk makan siang atau malam tidak akan membantu menurunkan berat badan. Sebab Anda tidak akan merasa kenyang dan justru lapar di akhir hari. Justru, akan Anda kelaparan di malam hari sehingga cenderung makan berlebihan.

Baca Juga

MI/ Sumaryanto

Pakar: Perbanyak Testing untuk Melihat Realitas di Lapangan

👤Ferdinan Ananda Majni 🕔Minggu 20 Juni 2021, 20:00 WIB
"Ketika terjadi lonjakan kasus testing menjadi kunci untuk mengendalikan penyebaran kasus," kata...
AFP

Perhimpunan Rumah Sakit Desak Pemberlakuan PSBB

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 20 Juni 2021, 18:50 WIB
Menurutnya PSBB diperlukan karena masih adanya sebagian masyarakat yang abai protokol...
Antara

Pemerintah Masih Andalkan PPKM untuk Tangani Covid-19

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 20 Juni 2021, 18:42 WIB
"Pendekatan kita adalah partisipasi masyarakat harus lebih aktif. Pendekatannya tetap PPKM mikro yang dikoordinir hingga tingkat RT/RW...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perlindungan Ganda terhadap Virus Korona dan Flu

DALAM perlombaan vaksin, perusahaan AS Novavax terlambat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya